Stres Kerja dan Dukungan Sosial Terhadap Strategi Koping Dosen Institusi Pendidikan Tinggi Bidang Kesehatan

Roikhatul Jannah, Rina Rifayanti

Abstract


Strategi koping merupakan cara seseorang dalam mengelola tuntutan-tuntutan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres kerja dan dukungan sosial terhadap strategi koping dosen institusi pendidikan tinggi bidang kesehatan di Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 79 dosen institusi pendidikan tinggi bidang kesehatan di Samarinda menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala stres kerja dengan nilai alpha cronbach’s= 0.927, skala dukungan sosial bernilai alpha cronbach’s= 0.914, dan skala strategi koping bernilai alpha cronbach’s= 0.764.Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh antara stres kerja dan dukungan sosial terhadap strategi koping dosen institusi pendidikan tinggi bidang kesehatan (2) tidak terdapat pengaruh antara stres kerja terhadap strategi koping (3) terdapat pengaruh antara dukungan social terhadap strategi koping.

Keywords


Psychology

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2015. Penyusunan skala psikologi. Jakarta: Pustaka Pelajar

Bastian, D.S. 2012. Hubungan antara resiliensi dan coping pada istri yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga. Skripsi. Universitas Indonesia, Depok.

Cutrona, C.E. 1986. Objective determinant of perceived social support. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 50, No. 2. Doi: 10.1037/0022-3514.50.2.349.

Hart, S.G., &Staveland, L.E., 1988. Development of nasatlx (task load index): result of empirical and theoritical research. Human Mental Workload. Elseiver. https://doi.org/10.1016/S0166-4115(08)62386-9.

Lazarus, R.S., & Folkman, S. F. 1986. Dynamics of a stressful encounter: cognitive appraisal, coping, and encounter outcomes. Journal of Personality and Social Psychology. Vol. 50, No.5. Doi: https://doi.org/10.1037/0022-3514.50.5.992.

Niven, N. 2002. Psikologi kesehatan: pengantar untuk perawat & professional kesehatan lain edisi 2. Jakarta: EGC.

Sarafino, E.P. 2006. Health psychology biopsychological interaction. New York: John Willey & Sons.

Sarason. 1999. Abnormal psychology. New-Jersey: Prentical Hall.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif). Bandung: Alfabeta.

Taylor, S. 2015. Health Psychology (9th ed). New York: McGraw-Hill Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i4.6395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id