Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perilaku Agresif pada Anak Pra-Sekolah (4-6 Tahun)

Fariza Jasmin Nikmah, Hairani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget dengan perilaku agresif pada anak pra-sekolah (4-6 tahun). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 30 orangtua anak didik TK Manuntung Balikpapan Barat yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku agresif dan skala intensitas penggunaan gadget. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji analisis Kendall’s tau-b dengan bantuan program SPSS 21.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa: ada hubungan intensitas penggunaan gadget terhadap perilaku agresif dengan nilai p = 0.014 (p < 0.05) dengan nilai korelasi sebesar = 0.324 yang menunjukan bahwa hubungan antar variabel memiliki korelasi yang positif, hal tersebut menunjukan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan gadget maka semakin tinggi perilaku agresif pada anak pra-sekolah (4-6 tahun).

Keywords


Intensitas Penggunaan Gadget; Perilaku Agresif

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2016). Psikologi kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Amanda, R, A. (2016). Pengaruh game online terhadap perubahan perilaku agresif remaja di Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi. 4 (3) 290-304.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Arriani, F. (2014). Perilaku agresif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 8 (2) 269-280.

Azwar, S. (2010). Metode penelitian. Yogyakarta: Pelajar Offset.

Baron, R, A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (jilid 2). Jakarta: Erlangga.

Buss, A, H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology. 63 (3) 452-459.

Chaplin, J, P. (2006). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Delima, R., Arianti, N, K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi kebutuhan pengguna untuk aplikasi permainan edukasi bagi anak usia 4-6 tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi. 1 (1) 40-47.

Dwiyono, F. (2009). Kecenderungan berperilaku agresif ditinjau dari identitas peran gender. (Skripsi). Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Haryanto, A, T. (2019, Agustus-29). 32,2% Penduduk Kaltim belum tersentuh internet. Detikinet. Diakses dari https://inet.detik.com/telecommunication/d-4685492/322-penduduk-kaltim-belum-tersentuh-internet.

Istiqomah, S, N., & Lisiswanti, R. (2017). Dampak eksposur layar monitor terhadap gangguan tidur dan tingkat obesitas pada anak-anak. Jurnal Majority. 6 (2) 73-78.

Jayani, D, H. (2019, Agustus-23). Calon ibu kota baru, berapa jumlah penduduk Kalimantan Timur?. Databoks. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/08/23/calon-ibu-kota-baru-berapa-jumlah-penduduk-kalimantan-timur.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2017). Kamus besar bahasa Indonesia (edisi ke-5). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Martani, W. (2012). Metode stimulasi dan perkembangan emosi anak usia dini. Jurnal Psikologi. 39 (1) 112-120.

Myers, D, G. (2012). Psikologi sosial (edisi 10 buku 2). Jakarta: Salemba Humanika.

Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan sosial emosi pada anak usia pra-sekolah. Buletin Psikologi. 23 (2) 103-111.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Standar nasional pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Periantalo, J. (2016). Penelitian kuantitatif untuk psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Permatasari, D, A., Sugito., & Savitri, A, F. (2017). Dinamika perilaku agresif anak yang bermain game pada anak kelompok B4 di TK Aba Wonocatur Banguntapan Bantul. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 6 (2) 149-160.

Pinasti, D, A., & Kustanti, E, R. (2017). Hubungan antara empati dengan adiksi smartphone pada mahasiswa fakultas ilmu budaya dan fakultas sains dan matematika Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati. 7 (3) 183-188.

Ramadhan, B. (2018, Februari-06). Inilah perkembangan digital Indonesia tahun 2018. Goodnewsfromindonesia. Diakses dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/02/06/inilah-perkembangan-digital-indonesia-tahun-2018.

Rinanda, F, Z., & Haryanta. (2017). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan agresifitas pada atlet futsal. Jurnal Psikologi Gadjah Mada. 3 (1) 37-44.

Santrock, J, W. (2007). Perkembangan anak (Edisi Ke-11 jilid 2). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Santoso, S. (2017). Statistik multivariant dengan SPSS. Jakarta: Gramedia.

Sarwono, J. (2006). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Selwyn, N. (2009). The digital native-myth and reality. Aslib Proceedings: New Information Perspectives. 61 (4) 364-379.

Sobkin, V, S., & Skobeltsyna, K, N. (2011). Game preferences of modern preschoolers (based on survey among parents). Psychological Science and Education. (2) 39-48

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Tenplay. (2017). Bill Gates reveals the 'safe' minimum age for kids to get a smartphone. Tenplay. Diakses dari https://tenplay.com.au/news/national/april-2017/bill-gates-reveals-the-safe-minimum-age-for-kids-to-get-a-smartphone.

Trinika, Y. (2015). Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan psikososial anak usia prasekolah di TK swasta Kristen Immanuel tahun ajaran 2014-2015. (Skripsi). Universitas Tanjungpura.

Tola, Y, P. (2018). Perilaku agresif anak usia dini di lihat dari pola asuh orangtua. Jurnal Buah Hati. 5 (1) 1-13.

Witarsa, R., Hadi, R, S, M., Nurhananik., & Haerani, N, R. (2018). Pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Pedagogik. 6 (1) 9-20.

Wulandari, F, C., & Ristiawanti. (2018). Hubungan tipe pola asuh orangtua dengan kebebasan penggunaan gadget pada anak di SD Negeri Burat Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Jurnal Komunikasi Kesehatan. 9 (2) 18-28

Yanica, N, L. (2014). Korelasi antara kebutuhan afiliasi dan keterbukaan diri dengan intensitas menggunakan jejaring sosial pada siswa kelas VII SMPN 15 Yogyakarta. (Skripsi). Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id