Konsep Diri Dan Dukungan Orangtua Terhadap Keputusan Karir

Natalia Putri Simbolon, Miranti Rasyid

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik ada atau tidaknya pengaruh antara konsep diri dan dukungan orangtua terhadap keputusan karir pada siswa SMA, subjek penelitian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang sebanyak 168 siswa. Skala disusun dengan skala model likert. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan uji analisis regresi linear berganda dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 25.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh konsep diri dan dukungan orangtua terhadap keputusan karir pada siswa SMA Negeri 2 Tenggarong. (2) Pada konsep diri terdapat hubungan yang signifikan terhadap keputusan. (3) Pada dukungan orangtua terdapat hubungan yang signifikan dengan keputusan karir.

Keywords


Keputusan karir; Konsep diri; Dukungan orangtua

Full Text:

PDF

References


Achmad, Juntika Nurihsan dan Akur Sudianto, 2005. Menejemen Bimbingan Konseling dan Konseling di SMA. Jakarta: PT. Gramedia Widia Sarana lndonesia

Basori, Muh. 2004. Paket bimbingan perencanaan dan pngambilan keputusan karir bagi siswa SMU. Malang: Universitas Negeri Malang.

Berzonsky, Michael. D. 1981. Adolescent development. New York: Mc. Milan Publishing.

Bean, Roy. A. 2006. “Parental support, behavioral control, and psychological control among african american youth”. Journal of Family

Esters, Levon. T. dan Blanie E Bowen. 2005. “Factors influencing career choices of urban agricultural education students”. Journal of Agricultural Education. 46 no.2 : 24-35

Ginting, Paham dan Syafrizal Helmi Situmorang, 2008. Filasafat ilmu dan metode riset. Medan: Usu Press.

Hayadin. 2006. “Pengambilan keputusan untuk profesi pada siswa jenjang pendidikan menengah (Survei pada SMA, MA, dan SMK di DKl Jakarta)”. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan, 59: 383-394.

Hurlock, Elizabeth. B. 2010. Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan Disunting oleh lstiwidayanti, Soedjatwo, dan Ridwan Max Sijabat. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Izzaty, Rita Eka dkk. 2008. Perkembangan peserta didik. Yogyakarta: UNY Press.

Listyowati, Anisa, dkk. 2012. “Hubungan antara kebutuhan aktualisasi diri dan dukungan sosial dengan kematangan karir pada siswa kelas Xll SMA N 2 Klaten”. Jurnal Wacana. 4 no.8: 119, 122-124 & 141

Lyons, Antonia.C dan Kerry Chamberlain. 2006. Health psychology; a critical introduction. Cambridge: Cambridge University Press

McCabe, Kristen. M, dan Douglas Barnett. 2000. “First come work, then comes marriage future orientation among African American young adolescents”. Family Relations, 49 no.1: 63-70

Pambudi, Prabawati Setyo. 2012. “Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa keperawatan”. Jurnal Keperawatan Soedirman. 7, no 2.

Papalia, Diana. E, dan Ruth Duskin Feldman. 2014. Menyelami perkembangan manusia. Jakarta: Salemba Humanika

Purwandari, Ari. 2009. “Kematangan vokasional pada siswa kelas Xll di SMA Negeri 1 Klaten ditinjau dari keyakinan diri akademik dan jenis kelas”. Skripsi. Semarang: Universitas, Dipenogoro.

Santrock, John.W. 2002. life span development (perkembangan masa hidup). Jilid 2. Diterjemahkan oleh Chusairi dan Damanik. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John W. 2003 Adolescence. perkembangan remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Santrock, John.W. 2007. Perkembangan anak. Jilid 1. Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga

Santrock, John. W. 2013. life-span development. Edisi keempat belas. New York: McGraw-Hill Companies, lnc.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Suliswati, Tjie Anita Payapo, dkk. 2005. Konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa. Jakarta: EGC

Syamsi, lbnu. 2000. Pengambilan keputusan dan sistem informasi. Edisi kedua, Jakarta: Bumi Aksara

Widyastuti, Retno Juli, dan Titin lndah Pratiwi. 2013. “Pengaruh self-efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa”. Jurnal BK UNESA, 03 no.01: 231-238.

Winkel, W.S dan Maria Margaretha Sri Hastuti, 2006. Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Edisi Revisi. Cetakan Kelima. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Zamroni, Edris. 2016. “Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik”. Jurnal Konseling Gusjigang. 2 No. 2: 140-152. Universitas Muria Kudus, Kudus.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id