Intensitas Mengakses Online Shop di Media Sosial Dengan Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Masa Pandemi COVID-19

Ayu Nur Qamarina Puteri

Abstract


Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas mengakses online shop di media sosial dengan keputusan pembelian produk fashion di masa pandemi COVID-19 pada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 120 orang mahasiswa/i di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman Samarinda dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala intensitas mengakses online shop di media sosial dan skala keputusan pembelian. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji korelasi parsial Pearson Product Moment dengan bantuan program Statistical Package for Social Sciences (SPSS) 22.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang rendah dari intensitas mengakses online shop di media sosial yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menentukan keputusan pembelian dengan hasil r hitung > r tabel (0.287 > 0.179), dan sig. sebesar 0.001< 0.05. Semakin tinggi intensitas mengakses online shop di media sosial yang dilakukan mahasiswa, akan berbanding lurus dalam menentukan keputusan pembelian produk fashion di masa pandemi COVID-19.

Keywords


Intensitas mengakses online shop; Media social; Keputusan pembelian Pandemi; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2013). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ahluwalia, A. K., & Sanan, P. (2015). Materialism among adolescents: A consumer socialization perspective. Internationa Journal of Commerce and Management, 9, 88-96.

Apriliantika, E. (2020, Mei). Perilaku konsumtif di e-commerce selama masa pandemi. Good news from indonesia. Diakses dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/05/15/perilaku-konsumtif-di-e-commerce-selama-masa-pandemi

Hidayat, M. W. (2016). 3 media sosial favorit pengguna internet indonesia. Diakses dari https://www.liputan6.com/tekno/read/2634027/3-media-sosialfavorit-pengguna-internet-indonesia.

Kumalasari, D., A. (2020, Juli). Minat belanja online meningkat di tengah pandemi. arkadia digital media. Diakses dari https://www.suara.com/yoursay/2020/04/18/110712/minat-belanjaonline-meningkat-di-tengah-pandemi

Kotler, P. (2003). Manajemen pemasaranedisi kesebelas. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B., dan Handoko, H. (2011). Manajemen pemasaran – analisis perilaku konsumen. edisi ke enam. Yogyakarta: BPFE.

Tubbs, S., & Moss, S. (1983). Human communication fourth edition. United States: Random House, Inc.

Yuniarti, Y., & Faidalen, D. (2018). Pengaruh brand equity terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk iphone. Jurnal Digest Marketing. 3 (2). 93-96.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id