Kualitas Pelayanan dan Potongan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Giant Extra Alaya Samarinda

Nur Halimah Tussakdiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik pengaruh kualitas pelayanan dan potongan harga terhadap kepuasan konsumen di Giant Extra Alaya Samarinda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah konsumen Giant Extra Alaya sebanyak 97 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kepuasan konsumen, skala kualitas pelayanan, dan skala potongan harga. Skala tersebut disusun dengan skala model likert. Penelitian ini menggunakan IBM statistik SPSS versi 20. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan potongan harga terhadap kepuasan konsumen pada konsumen Giant Extra Alaya Samarinda, dengan nilai signifikan (P) 0.000 dan Fhitung 101.175 dengan besar pengaruh 68.3%. Pada kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada konsumen Giant Extra Alaya terdapat pengaruh dengan nilai koefisien beta (β) 0.806, serta nilai Thitung 12.634, Ttabel 1.985 dan (P) 0.000. Pada potongan harga terhadap konsumen pada konsumen Giant Extra Alaya Samarinda tidak terdapat pengaruh dengan nilai koefisiensi beta (β) 0.046 serta nilai Thitung 0.717, Ttabel 1.985 dan nilai (P) 0.475.

Keywords


kepuasan konsumen; kualitas pelayanan; potongan harga

Full Text:

PDF

References


Apriyani, D. A. dan Sunarti. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis. vol. 51. No. 2. Universitas Brawijaya.

Malang. Arikunto, S. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanti, A. (2016). Pengaruh kualitas produk dan harga diskon terhadap kepuasan konsumen The Body Shop di Wilayah Jakarta. (Skripsi). Universitas Bakrie, Jakarta.

Dewi, I. K. & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh diskon terhadap keputusan pembelian dan keputusan pelanggan bisnis online. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 56. No. 1. Universitas Brawijaya, Malang.

Hadi, S. (2006). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran. Edisi Milenium 2. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran. Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, R. & Hamdani, A. (2006). Manajemen pemasaran jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi. Vol. 7. No. 2. Universitas Esa Tunggal, Jakarta.

Novanto, H. S. (2010). Kualitas pelayanan: faktor-faktor yang mempengaruhi dan dampaknya pada nilai pelanggan (studi pada PT. Angkasa Pura l (Persero) Kantor Cabang Bandara Ahmad Yani Semarang). Jurnal Bisnis Strategi. Vol. 19. No. 1. Semarang.

Prasastono, N. dan Pradapa, S. Y. F. (2012). Kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kentucky fried chicken Semarang Candi. Jurnal Dinamika Kepariwisataan. Vol. XI. No. 2. Universitas Stikubank, Semarang.

Ratnasari, R. T. dan Aksa, M. H. (2011). Manajemen pemasaran jasa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Schiffman dan Kanuk. (2004). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Prentice Hall.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyawati, N. M. A dan Seminari, N. K. (2015). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan restoran Indus Ubud Gianyar. Jurnal Manajemen Unud. Vol. 4. No. 8. Universitas Udayana, Bali.

Tjiptono, F. (2004). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia.

Zeithaml, V., Bitner, M. J. dan Dwayne, D. G. (2006). Service Marketing. McGraw: Hill International Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i2.5961

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexing by :

         

 

________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________

PSIKOBORNEO: Jurnal Ilmiah Psikologi

Department of Psychology
Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: psikoborneo@gmail.com / psikoborneo@fisip.unmul.ac.id