Program “PELIKAN” sebagai Upaya Memberikan Pemahaman Perbedaan Individual dan Implikasinya dalam Praktek Pendidikan Kelas Siswa SMA

Marina Dwi Mayangsari, Dwi Nurrachmah, Muhamad Lutfi

Abstract


Belajar setiap orang dapat dilakukan dengan cara berbeda. Ada belajar dengan cara melihat, menemukan dan juga meniru. Karena melalui belajar seseorang akan mengalami pertumbuhan dan perubahan dalam dirinya baik secara psikis maupun fisik. Para guru seringkali tidak menyadari dan tidak mengetahui bagaimana cara yang tepat dan efisien untuk menerapkan pembelajaran di kelas agar bisa diterima dengan baik oleh siswa. Para guru cenderung menyamakan semua siswa-siswinya dalam kegiatan belajar mengajar yang tentu saja akan berdampak pada beberapa siswa yang tidak akan bisa menerima pelajaran dengan baik karena gaya belajar yang diterapkan tidak sesuai dengan dirinya.  Tujuan dari program ini yaitu memberikan pemahaman mengenai perbedaan gaya belajar pada siswa dan membantu memberikan pemahaman kepada guru bagaimana mengenali tipe-tipe siswa selama pembelajaran berlangsung. Metode dari program ini yaitu psikoedukasi berupa seminar online dengan penyampaian materi oleh narasumber dan sesi tanya jawab di akhir sesi penyampaian materi. Kegiatan dilakukan pada 62 siswa-siswi SMA di Kota Martapura. Para siswa-siswi SMA tersebut menyadari dan mengetahui gaya belajar serta suasana belajar yang sesuai dengan kepribadian dan tempramen masing-masing. Mereka merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini untuk mendapatkan kualitas belajar yang menyenangkan. Proses belajar yang menyenangkan tentu saja akan membawa siswa-siswi menuju prestasi belajar yang mereka inginkan.


Keywords


belajar; perbedaan individual; gaya belajar

Full Text:

PDF

References


Agustina, N., Aisyah, A. Y., & Lestari, S. (2021). Kegiatan Mengenal Diri Pada Remaja di Panti Asuhan. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 3(2), 230-242

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 44(2)

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh gaya hidup dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2).

Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2)

Daryanto, S. S. (1997). Kamus bahasa Indonesia lengkap. Surabaya: Apollo, 122, 123

Morgan, M. L., Vera, E. M., Gonzales, R. R., Conner, W., Bena Vacek, K., & Dick Coyle, L. (2011). Subjective well-being in urban adolescents: Interpersonal, individual, and community influences. Youth & Society, 43(2), 609-634.

Nurhidayah, D. A. (2016). Pengaruh motivasi berprestasi dan gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika SMP. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 13-24.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi, 15(1), 56-63.

Rismen, S., Putri, W., & Jufri, L. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 348-364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1093

Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa sebagai determinan terhadap hasil belajar. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 144-153.

Salsabila, U. H., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284-304.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Siregar, U. R. (2018). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Sosial Guru di MTs Madinatussalam, Pasar IX, Medan Tembung (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan).

Trinova, Z. (2012). Hakikat belajar dan bermain menyenangkan bagi peserta didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209-215

Undang-Undang No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan matematika universitas bung hatta. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2).

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).

Wiyati, R., Wahyuningsih, D., & Widayanti, E. D. (2010). Pengaruh psikoedukasi keluarga terhadap kemampuan keluarga dalam merawat klien isolasi sosial. Jurnal keperawatan soedirman, 5(2), 85-94.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v4i1.7359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Marina Dwi Mayangsari, Dwi Nurrachmah, Muhamad Lutfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id