Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19

Arwin Sanjaya, Lisvia Lisvia, Fajar Lutfi Nursandy, Yolanda Syifa Nurlita

Abstract


Era Revolusi Industri 4.0 membawa dampak positif untuk bangsa terutama bagi para pelaku usaha. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi mulai merambah ke bidang digital marketing. Sosial media adalah salah satu bentuk alat digital marketing yang dapat digunakan oleh UMKM dalam memperluas pangsa pasarnya ditengah pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada UMKM Kopitan yang berada di Samarinda dalam memperbaharui strategi pemasaran berbasis internet selama pandemi covid-19 berlangsung. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan memanfaatkan sosial media instagram. Instagram dianggap sebagai sosial media yang sangat berpengaruh dalam dunia bisnis saat ini, dengan memanfaatkan fitur instagram ads diharapkan dapat menarik lebih banyak konsumen khususnya yang berada disekitar kota Samarinda untuk berkunjung ke beranda instagram Kopitan. Selain instagram, metode lain yang digunakan yaitu pemanfaatan website qrmonkey dalam pembuatan katalog menu digital dan Go-food serta Google Maps yang digunakan dalam pembaharuan konten untuk menunjang pemasaran produk. Hasil kegiatan kegiatan ini membuat UMKM Kopitan dapat memanfaatkan sosial media secara optimal dalam memasarkan produknya.

 

The industrial revolution 4.0 brought a positive impact on the nation, especially for businesspeople. The utilization of information and communication technology has begun to penetrate the field of digital marketing. Social media is one of digital marketing tools that can be used by MSMEs in expanding their market during the Covid-19 pandemic. Community service activities carried out by the KKN 127 aim to aid Kopitan MSMEs in Samarinda city for updating internet-based marketing strategies during the Covid-19 pandemic. The method used is social media Instagram. Instagram is considered a very influential social media in global business, by utilizing the instagram ads future expected to attract more consumers especially those around of Samarinda city to visit Kopitan’s Instagram homepage. In additions to Instagram, another method used are the qrmonkey website for making digital menu catalogs, Go-food and Google Maps which are used for updating content to support product marketing. The implementation of service activities, Kopitan MSME actors will be able to optimally utilize social media for developing their product marketing.


Keywords


UMKM; Covid-19; digital marketing; sosial media; Kopitan.

Full Text:

PDF

References


Dampak Sosial Ekonomi COVID-19 terhadap Rumah Tangga dan Rekomendasi Kebijakan Strategis untuk Indonesia. (2021). Smeru.or.Id. https://smeru.or.id/id/content/ringkasan-eksekutif-dampak-sosial-ekonomi-covid-19-terhadap-rumah-tangga-dan-rekomendasi

Digital Marketing. (2021). Mailchimb. https://mailchimp.com/marketing-glossary/digital-marketing/

dukungan pemerintah bagi umkm agar pulih di masa pandemi. (2021). Ekon.Go.Id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/2939/dukungan-pemerintah-bagi-umkm-agar-pulih-di-masa-pandemi

Fikri, C. (2021). Tiga Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Perekonomian Nasional. BeritaSatu.Com. https://www.beritasatu.com/ekonomi/728997/tiga-dampak-pandemi-covid19-bagi-perekonomian-nasional

Gunelius, S. (2011). 30-Minutes Social Media Marketing.

Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas Promosi Melalui Instagram Pada Umkm Sektor Makanan Dan Minuman Di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239. https://doi.org/10.22216/jbe.v3i2.2738

Masamma, N. S., & Aswar Tahir. (2021). Efektivitas komunikasi pemasaran menggunakan media sosial Instagram pada UMKM Hello Decoration | Musamma | . Islamic Communication Journal, 6(1), 105–118. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj/article/view/7571/pdf

Merida, S. C., Fitriyana, R., Afifah, E. N., Virgin, I. R., & Raja, B. L. (2021). Psikoedukasi Dalam Mempersiapkan Mahasiswa Menyongsong Era Digital (PLAKAT), 3(1), 54–68.

Mileva, L., & DH, A. F. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199. administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id%0A191

Rotua, M., & Siregar, R. (2015). Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan. EGC. https://www.scribd.com/document/398860582/Sistem-Penyelenggaraan-Makanan-Institusi-SC

Ryan, D. (n.d.). Understanding Digital Marketing_ Marketing Strategies for Engaging the Digital Generation.

Stelzner, M. . (2015). How marketers are using Social Media to grow their businesses. Social Media Examiner, May, 1–53.

Tripiawan, W., Amani, H., & Wijaya, A. T. (2019). Effectiveness Analysis of Social Media Ads as A Promotional Media (Case Study: Instagram Taya.Id). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 505(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/505/1/012095

Wardhana, A. (n.d.). Strategi Pemasaran-Prinsip dan penerapan.pdf.

We Are Social & Hootsuite. (2020). Indonesia Digital report 2020. Global Digital Insights, 43.

Zebua, D. D. N., & Sunaryanto, L. T. (2021). Platform Digital Sebagai Alternatif Bertahan Di Era Pandemi Covid-19 Bagi Pelaku Bisnis Pertanian. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 7(1), 848. https://doi.org/10.25157/ma.v7i1.4834




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arwin Sanjaya, Lisvia Lisvia, Fajar Lutfi Nursandy, Yolanda Syifa Nurlita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id