Inovasi Desain Untuk Meningkatkan Kualitas Produk Batik

Erwin Dyah Astawinetu, Yulyar Kartika Wijayanti, Cholis Hidayati

Abstract


Mitra program ini adalah UMKM Batik yang memiliki beberapa masalah ketika kami berkoordinasi sehingga kami menawarkan kepada mereka untuk  mengatasi masalah yang mereka hadapi. Tujuan dari program yaitu pendampingan manajemen usaha yang diterapkan dalam bisnis. Beberapa  solusi akan dilakukan dalam program untuk kelompok Batik dalam manajemen usaha, pemasaran dan kualitas. Untuk meningkatkan kemampuan mengelola usaha batik diadakan Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Usaha. Untuk meningkatkan pemasaran kami akan memberikan pelatihan dan pendampingan inovasi desain dan strategi pemasaran bagi anggota kelompok batik agar memiliki kemampuan dalam memasarkan produknya  dengan harapan akan meningkatkan  penjualan batik mereka.  Kegiatan ini dilakukan dan  peningkatan dalam mengelola dan memasarkan produk bagi pengunjung yang berwisata di Desa. Dengan adanya berbagai desain batik baru serta bahan kain yang baik  meningkatkan produktivitas mereka sekitar 50% dibandingkan sebelum program. Peningkatan penjualan  mempengaruhi produk lokal lain seperti susu, kopi dan makanan desa.  Pelatihan manajemen kualitas, desain dan inovasi berhasil meningkatkan penjualan produk.

 

Our partners are Batik SMEs who have some problems when we coordinate so we offer them to help solve their problems. The aim of this program in business management assistance that is applied to their business.  Solutions will be carried out in the program for the groups in management, marketing, and quality.  Improving the Business, management Training is held.  We will provide training and assistance on design innovations for batik group members so that they can sell and increase sales. The result was an extraordinary increase in managing and marketing products for visitors who traveled in the village. The existence of various new batik designs and good fabrics has increased their productivity by about 50% compared to before the program. This increase in sales affects other local products such as milk, coffee, and village food. Providing management training, designs and innovations that will increase the sales.


Keywords


innovation; design; training; quality management; marketing

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2017). Jumlah Usaha atau Perusahaan Menurut Kriteria Usaha dan Skala Usaha di Prov Bali thn 2016. http://bps.go.id/Listing/files/brs/brs.5100.pdf.

As’ari, A H. (2015). Peran UKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. http://ariejayuz.blogspot.com

Adinda F.D., I Putu G.S., Ni Nyoman K.Y. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran IMK Sector Industri. eJurnal Manajemen. Unud vol 6 No.9 ,2017: 4978-5004, ISSN: 2302-8912. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unud Bali.

Afifah dan Gustina. (2016). Investigasi Orientasi dan Pengembangan Model Penguatan Untuk Pengusaha Kecil dan Menengah: Sebuah Kajian Empirik. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 10(1)

Erna, F.S. & Pantja D. (2015). Upaya mencapai loyalitas konsumen dalam perspektif sumber daya manusia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan published by Faculty of Business and economics, Petra Christian University. ISSN:1411-143,P.e.ISSN 2338-8234. DOI.HTTPS:/DOI.ORG/10.9744/MK.6.1

Fiani, M.S. & Edwin J. (2015). Analisa Pengaruh Food Quality & Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran. 1(1), 1-6.

Gholami, S. & Birjandi, M. (2016). The Effect of market orientationand Entrepreneurial orientation on the performance of SMEs. Journal of Current Research in science. 361-369.

Irawan, B.R. (2015). Dampak inovasi produk Terhadap kinerja pemasaran. Jurnal S Agora, 3(1): 127-137.

Lucas, H. J. (2020). Information Technology For Management. Irwin/McgrawHill.

Mujanah, S. (2016). IbM Kelompok Usaha Kecil Krupuk di Kenjeran, Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, ISSN: 2407-7100, 2(1)

Nur, A.A., Dedik, W., Machmud A.A. (2020). Kepuasan konsumen Astra Motor Honda Tanjung Selor terkait pelayanan Showroom. Jurnal Plakat 2(2)109-117.DOI http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v212.

Prawirosentono, S. (2016). Filosofi Baru Tentang Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Rineka Cipta.

Pradnya, P.H., Abdul, H., & Saleh, S. (2015). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Kecil Menengah (UKM) terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah (Studi di Pemerintah Kota Batu). Jurnal Wacana 17(2) ISSN : 1411-0199 E-ISSN : 2338-1884.

Pranaka & Moeljarto, V. (2016). Pemberdayaan (Empowerment). Pemberdayaan, konsep, dan implementasi. Jakarta: CSIS.

Rambe, M.F. (2015). Analisis Kebutuhan Pasar Dan Prediksi Penjualan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 02(01).

Ratnawati, S. (2015). Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Perdesaan Melalui Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan, 5(2).

Yulyar, K.W, & Siti M. (2016). Ibm usaha kecil, Upaya Peningkatan Kualitas Kerajinan Kerang Kenjeran Surabaya. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v3i2.6714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erwin Dyah Astawinetu, Yulyar Kartika Wijayanti, Cholis Hidayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id