Pengembangan Jiwa Entrepreneur Dalam Meningkatkan Jumlah Wirausaha Muda

Ana Noor Andriana, Finnah Fourqoniah

Abstract


Salah satu faktor majunya suatu negara dapat dilihat dari banyaknya wirausahawan di negara tersebut, semakin banyak jumlah wirausahawan semakin besar harapan masyarakat dapat memperoleh pekerjaan sesuai dengan keahlian, sehingga dapat mengangkat derajat hidup masyarakat suatu negara, karena akan tercipta lapangan pekerjaan dan akan mengurangi tingkat pengangguran. Pemerintah telah mencoba melakukan salah satu usaha dengan memasukkan kewirausahaan menjadi  mata pelajaran/mata kuliah baik dalam Sekolah hingga pada Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan.  SMKN I Samarinda merupakan termasuk salah satu sekolah yang menyelenggarakan mata pelajaran Kewirausahaan untuk semua Jurusan, namun pada Jurusan Marketing mata pelajaran lain yang ada seharusnya dapat mendukung keberhasilan mata pelajaran kewirausahaan beserta praktiknya. Keberhasilan dalam menempuh mata pelajaran dan juga praktiknya dinilai sama dengan Jurusan lainnya. Sosialisasi pengembangan jiwa kewirausahaan berupa pemberian informasi seperti rancangan bisnis, pengelolaan bisnis dan testimoni keberhasilan para wirausaha muda dirasa perlu diberikan untuk menambah motivasi Siswa/Siswi SMKN I Samarinda, sehingga dapat menambah pengetahuan yang ada saat mempelajari mata pelajaran kewirausahaan dan mata kuliah lain yang berkaitan serta pacsa menempuh praktikum agar dapat diterapkan hingga di kemudian hari. Pengembangan jiwa entrepreneur diharapkan dapat menumbuhkan semangat berwirausaha dan meningkatkan perekonomian Siswa/Siswi baik sebelum atau setelah lulus nantinya hingga dapat membuka lapangan pekerjaan di kemudian hari.

Keywords


jiwa wirausaha, wirausaha

Full Text:

PDF

References


Alma, B. (2009). Kewirausahaan: untuk Mahasiswa dan Umum (Edisi Revisi). Bandung: Penerbit Alfabeta.

Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa, cetakan kedelapan. Bandung: Alfabeta.

Alma, B. (2013). Kewirausahaan: untuk mahasiswa dan Umum (Edisi Revisi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Aprilianty, E. (2012). Pengaruh kepribadian wirausaha, pengetahuan kewirausahaan, dan lingkungan terhadap minat berwirausaha siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).

Handayani, A., Kuncoro, J., & Rohmatun, R. (2019). Penelusuran Minat Karir Millennial. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat), 1(2), 161-169.

Hery. (2017). Kewirausahaan. Cetakan Pertama. Jakarta: Grasindo.

Machfoedz, Mahmud. (2015). Kewirausahaan. Yogyakarta: BPFE.

Machfoedz, Mas’ud. (2015). Kewirausahaan: Metode Manajemen dan Implementasi (Edisi Kedua). Yokyakarta: BPFE.

Ramadhani, N. T., & Nurnida, I. (2017). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 1(1), 89-97.

Suryana, D., & Si, M. (2006). Kewirausahaan: Pedoman Praktis (Kiat dan proses menuju sukses). Jakarta: Salemba Empat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3823

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ana Noor Andriana, Finnah Fourqoniah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id