Praktik Membuat Vlog Mendukung Kebangkitan Ekonomi Kreatif Indonesia

Kezia Arum Sary, Sugandi Sugandi, Annisa Wahyuni Arsyad

Abstract


Pengembangan potensi ekonomi kreatif pada generasi muda merupakan salah satu upaya dalam peningkatan kemampuan dan kemandirian ekonomi dan masyarakat di sebuah daerah/kota. Salah satu bentuk ekonomi kreatif adalah berupa produksi konten audio visual melalui platform Youtube melalui pembuatan konten video blog (vlog). Bukan menjadi suatu hal yang tabu dimana banyak sekali orang yang tidak lagi merasa canggung untuk berbagi cerita, kegemaran, maupun pengalaman pribadinya melalui internet. Dunia kini seolah tidak lagi memiliki batasan dan tidak lagi memiliki kerahasiaan yang dapat ditutupi. Kegiatan ini bertujuan menciptakan dan membentuk mental kreatif dan inovatif pada diri masyarakat. Kita tahu sendiri bahwasannya masyarakat merupakan penopang perekonomian negara. Ketika masyarakat memiliki daya saing yang tinggi dan kreatif maka akan membantu negara atau pemerintah dalam upaya mengambangkan perekonomiannya. Bukan hanya itu ketika rakyatnya produktif dan pendapatan per kapita naik maka negarapun akan mendapatkan dampak baiknya yakni mendapat perhatian dari banyak pihak karena dianggap negara maju dan berkembang dari sisi perekonomian.

Keywords


pelatihan vlog, kreativitas, ekonomi kreatif.

Full Text:

PDF

References


Bakioğlu, B. S. (2018). Exposing convergence: YouTube, fan labour, and anxiety of cultural production in Lonelygirl15. Convergence, 24(2), 184-204.

Bratich, J. (2011). User-generated discontent: Convergence, polemology and dissent. Cultural Studies, 25(4-5), 621-640.

Chambers, R. (2012). Participatory workshops: a sourcebook of 21 sets of ideas and activities. Routledge.

Hidayat, A. S., & Nurdiana, E. (2016, September). Strategi Pengembangan SDM Industri Kreatif Indonesia dalam Menghadapi Masyakarat Ekonomi ASEAN pada Tahun 2016. In Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.

Bada Ekonomi Kreatif. (2017). Rencana Strategis Badan Ekonomi Kreatif 2015-2019.

Kuncoro, A. M., Putri, A. O., & Pradita, Y. A. (2018). VLOGGER SEBAGAI SALURAN MENUJU GENERASI MILENIAL PRODUKTIF INDONESIA. UNEJ e-Proceeding.

Lange, P. G. (2007). Publicly private and privately public: Social networking on YouTube. Journal of computer-mediated communication, 13(1), 361-380.

Pratitis, A. L. (2017). Kerentanan Pekerja Imaterial Dalam Industri Komersialisasi Vlog. MASYARAKAT: Jurnal Sosiologi, 185-234.

Sugiarto, Eddy Cahyono. (13 November 2018). Ekonomi Kreatif Masa Depan Indonesia, Diakses pada tanggal 11 September 2018 pukul 15.00 Wita , dari www.setneg.go.id.

Quipper. (21 Agustus 2017). Keseruan Workshop Kelas Kreatif Bersama Youtuber Kevin Hendrawan!. Diakses pada tanggal 11 September 2018 pukul 14.35 Wita, dari www.quipper.com.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/plakat.v2i1.3818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kezia Arum Sary, Sugandi Sugandi, Annisa Wahyuni Arsyad

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Indexing by :

           


 

_______________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat Published by Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman, Samarinda, East Kalimantan and This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 ________________________________________________

Plakat : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat

Faculty of Social and Political Siences, University of Mulawarman
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id