Pelatihan Tehnik Pemanduan Dan Pembuatan Paket Wisata Sebagai Suatu Kemasan Atraksi Wisata Pada Desa Pela, Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara

Muhammad Fauzan Noor, Tien Rahayu Tulili, Rini Koen Iswandari

Abstract


Desa Pela terletak di Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara, merupakan suatu desa yang didiami oleh etnis Banjar. Potensi Alam yang terdapat di desa ini sangat menarik untuk dikunjungi. Kita bisa menyaksikan Sunset di Tanjung Tamanoh, Hewan langka Mamalia pesut yang sering muncul di perairan danau Semayang dekat desa Pela. Ada pula Habitat Bekantan, ada pula atraksi ski air yang ditarik dengan kapal motor ces, kita juga bisa melihat Museum Pela serta olahan khas dari ikan sungai. Desa Pela sangat membutuhkan Sumber daya manusia yang terlatih dalam memberikan pelayanan kepada para wisatawan, baik dari segi bahasa dalam berkomunikasi maupun dalam tehnik pemanduan dalam setiap kegiatan kunjungan dari wisatawan. Mereka belum memiliki teknik memandu yang benar sehingga kurang mampu menjelaskan serta  memberi petunjuk tentang potensi kepariwisataan yang ada ditempat mereka. Hal ini membuat potensi yang ada disekitar mereka tidak dapat di maksimalkan. Target / luaran dari hasil yang diinginkan adalah masyarakat mampu menjadi pemandu wisata yang baik sehingga mampu melayani para wisatawan yang datang ketempat mereka. Serta membuat  paket wisata yang menampilkan potensi yang ada di Desa Pela akan membuat para calon pengunjung tertarik untuk mampir dan berkunjung kesana. Hal ini tentu saja diharapkan dapat membantu pendapatan masyarakat setempat dari sisi ekonomi.

Keywords


pelatihan tehnik pemanduan, paket wisata, atraksi wisata

Full Text:

PDF

References


Mertha, I. W., & Pitanatri, P. D. (2018). HOMESTAY. Badung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Nusastiawan, C. D. (2012). Buku pedoman umum Desa Wisata. bandung: Acamedia. Edu

Saripah. (2018). Potensi Desa Wisata Pentingsari sebagai Desa Wisata berbasis Alam. Yogjakarta: Saripah.

Yoety, O. A. (2008). Ekonomi pariwisata: introduksi, informasi, dan aplikasi. Penerbit Buku Kompas.

Undang-undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat)

Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.