Pengembangan Helping Skill Pada Remaja Smp N 2 Sungayang Kabupaten Tanah Datar

Elrisfa Magistarina, Rahayu Hardianti Utami, Nurmina Nurmina, Mutiara Fitriani, Ratih Permata Sari

Abstract


Helping skills adalah kemampuan dasar yang seharusnya dimiliki oleh setiap orang, begitu juga pada remaja. Hal ini disebabkan karena pada remaja yang berada pada tahapan identity vs. identity confusion mengalami banyak permasalahan sehingga tidak sedikit dari mereka merasa kurangnya nyaman untuk menceritakannya kepada orang dewasa. Adanya kemampuang helping skill terhadap teman sebaya dapat berguna untuk mereka agar saling membantu, karena remaja lebih dipengaruhi oleh teman sebayanya. Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan helping skills, maka dilakukan pelatihan konseling teman sebaya. Pelatihan ini dilakukan di UPT SMP N 2 Sungayang Kabupaten Tanah datar. Peserta pelatihan adalah 30 orang siswa kelas VII, VIII, dan IX. Metode yang digunakan berupa pemberian materi, tanya jawab, simulasi, dan role play. Berdasarkan hasil evaluasi, peserta mampu melakukan attending dan listening skill, menjaga kerahasiaan permasalahan yang diceritakan teman sebayanya, merasa bertanggung jawab untuk membantu teman sebayanya, serta mampu melakukan probing.


Keywords


Remaja; Perkembangan Remaja; Teman Sebaya; Pelatihan; Helping Skills

Full Text:

PDF

References


J. W. Santrock, Life-Span Development, 16th ed. New York: McGraw-Hill Higher Education, 2017.

D. E. Papalia and R. D. Feldman, Menyelami Perkembangan Manusia Experience Human Development Buku 2, 12th ed. Jakarta: Salemba Humanika, 2014.

J. W. Santrock, Adolescence, 16th ed. New York: McGraw-Hill Higher Education, 2016.

S. A. Berenbaum, A. M. Beltz, and R. Corley, The Importance of Puberty for Adolescent Development: Conceptualization and Measurement, 1st ed., vol. 48. Elsevier Inc., 2015.

S. Retnowati, Remaja dan Permasalahannya. Yogyakarta: UGM Fakultas Psikologi, 2005.

“Merriam-Webster Dictionary.” [Online]. Available: https://www.merriam-webster.com/dictionary/generation gap.

S. Blakemore and T. W. Robbins, “Decision-making in the adolescent brain,” Nat. Neurosci., vol. 15, no. 9, pp. 1184–1191, 2012.

R. C. Meldrum and C. Hay, “Do Peers Matter in the Development of Self-Control? Evidence from a Longitudinal Study of Youth,” J. Youth Adolesc., vol. 41, no. 6, pp. 691–703, 2012.

L. M. Brammer and G. MacDonald, “The helping relationship : process and skills.” Langara College, Vancouver, B.C., 2011.

S. J. Becton, “the Relationship Between Student Teacher Self Concept,” 1974.

L. Haynes and B. Backwell, “First-class teaching: Building Rapport between Teachers and Students,” in JALT, 2010, pp. 43–51.

E. B. Hurlock, Perkembangan Anak, 6th ed. Jakarta: Erlangga, 1991.

S. Keen, Empathy and The Novel. Oxford University Press, 2007.

C. Lamm, D. Batson, and J. Decety, “The Neutral Substrate of Human Empathy: Effects of Perspective-Taking and Cognitive Appraisal,” Cogn. Neurosci., vol. 19, no. 1, pp. 42–58, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat)

Faculty of Social and Political Siences
Jl. Muara Muntai Kampus Gn. Kelua Samarinda 75411
Phone: +62 813 35350368
E-Mail: plakat@fisip.unmul.ac.id

Creative Commons License
PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.