Smart Camera Untuk Mengurai Titik Kemacetan Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis Serious Game

Fachrul Kurniawan, Ade Sofiarani

Abstract


Penumpukan kendaraan bermotor sehingga menyebabkan kemacetan hampir terjadi di wilayah yang dinamakan kota. Penambahan kendaraan bermotor tidak sebanding dengan penambahan volume luas jalan yang dilalui. Kemacetan tidak hanya terjadi di jalanan tetapi juga terjadi pada titik-titik pertemuan jalan  (pertigaan ataupun perempatan). Permasalahan kemacetan di titik pertemuan kadangkala disebabkan waktu lampu lalulintas yang tidak bagus. Ketepatan dan optimalnya fungsi lampu lalulintas menjadi kunci akan terurainya kemacetan setiap kali ada pertemuan. Konektivitas lampu lalulintas dengan kamera CCTV yang didalamnya diberi metode fuzzy akan menjadi solusi dari permasalahan diatas. Dan hal ini bisa dibuktikan pada sebuah simulasi berbasis serious game. Smart camera dan lampu lalulintas menjadi solusi pada kota yang telah menerapkan sistem smart city. Hal ini terlihat jelas pada percobaan pada aplikasi berbasis serious game dimana hasilnya menunjukkan bisa menyelesaikan kemacetan yang terjadi pada simpul pertemua jalan yang terpasang lampu lalulintas.

Keywords


Smart Camera; Fuzzy Methods; Serious Game

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v2i2.3301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin), +62 852 46436015 (Putut), +62 812 35436766 (Hario), +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.