Evaluasi Klasifikasi Penerima Bidikmisi Menggunakan Algoritma Interative Dichotomiser 3 (ID3) (Studi Kasus Institut Agama Islam Negeri Samarinda)

Jainuddin Jainuddin, Islamiyah Islamiyah, Gubtha Mahendra Putra, Haviluddin Haviluddin, Vina Zahrotun Kamila

Abstract


Teknik klasifikasi data mining yang cukup populer adalah Decision Tree diantaranya menggunakan algoritma Interative Dichotomiser 3 (ID3).  Klasifikasi didapatkan dari pohon keputusan yang terbentuk melalui algoritma Interative Dichotomiser 3 (ID3) yang akan diukur tingkat akurasi dan error rate algortima dalam menentukan klasifikasi.  Hal ini dapat dilakukan dengan cara membentuk model pohon keputusan pada mesin learning RapidMinner menggunakan data training dan evaluasi membandingkan data nyata dengan data testing klasifikasi untuk mengukur akurasi algoritma. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menghasilkan informasi klasifikasi kelayakan penerima bidikmisi menggunakan algoritma Interative Dichotomiser 3 (ID3) di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda dan untuk mengetahui akurasi algoritma yang digunakan. Variabel penelitian terdiri pekerjaan orang tua, jumlah penghasilan orang tua, jumlah anggota keluarga, status kepemilikan rumah, jumlah pengeluaran keluarga, dan status kepemilikan SKTM/KIP. Berdasarkan hasil analisis dengan mengukur kinerja algoritma menggunakan metode confusion matrix, dengan menghasilkan akurasi 98.3% dan error rate 1.7% dalam menentukan klasifikasi kelayakan penerima Bidikmisi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.

Keywords


Kinerja Algoritma; Data Mining Klasifikasi; Interative Dichotomiser 3 (ID3).

Full Text:

PDF

References


D. T. Larose, “Discovering An Introduction to Data Mining,” Discov. Knowl. Data, 2005.

J. Han, Data Mining: Concepts and Techniques (The Morgan Kaufmann Series in Data Management Systems). 2011.

Wahyudin, “Penyeleksian Penerimaan Mahasiswa Baru Pendahuluan Algoritma ID3,” J. Pendidik. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 2, no. 2, pp. 5–15, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v2i1.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.