Implementasi Algoritma Floyd Warshall Pada Pada Pencarian Lokasi Agen Bus, Tour And Travel, Dan Rental Mobil Di Kota Palu Berbasis Android

Deny Wiria Nugraha, Amriana Amriana, Asri Arif

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah sistem yang dapat memberikan informasi lokasi agen bus, tour and travel, dan rental mobil yang ada di Kota Palu, dan sekaligus memberikan petunjuk jalur terpendek dengan menggunakan Algoritma Floyd warshall berbasis Android. Algoritma Floyd warshall adalah salah satu varian dari pemrograman dinamis, yaitu suatu metode yang melakukan pemecahan masalah dengan memandang solusi  yang akan diperoleh sebagai suatu keputusan yang saling terkait, algoritma ini menghitung bobot terkecil dari semua jalur yang menghubungkan sebuah pasangan titik, dan melakukannya sekaligus untuk semua pasangan titik. Perhitungan pencarian jalur terpendek menggunakan algoritma Floyd Warshall langkah pertama menentukan jalur yang akan dilalui dan nilai bobotnya dibuat ke dalam tabel atau matriks, lakukan perhitungan periterasi sampai dengan iterasi terakhir, lakukan berulang sebanyak vertexnya, dan menentukan jalur terpendek berlaku dari hasil iterasi terakhir. Proses perhitungan algoritma Floyd Warshall di implementasikan ke dalam sistem yang telah dibuat menggunakan aplikasi Delphi 10.3 CE dengan memanfaatkan prosedur algoritma Floyd Warshall, Penelitian ini menggunakan data sebanyak 120 lokasi agen bus, tour and travel dan rental mobil di kota Palu berbasis dengan mengimplementasikan algoritma Floyd Warshall untuk mencari jalur terpendek yang diterapkan pada Delphi 10.3 CE. Pada Delphi 10.3 CE peneliti merasakan kemudahan dan lebih ringan dalam pengerjaan  algoritma Floyd Warshall untuk pencarian jalur terpendek.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jsakti.v2i2.2400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

2nd Floor, Faculty of Computer Science and Information Technology
Jl. Panajam Kampus Gn. Kelua Universitas Mulawarman Samarinda-Kalimantan Timur 75123
Phone: +62 813 31112002 (Haviluddin) +62 811 8207777 (Reza)
E-Mail: jurnal.sakti.fkti@gmail.com; sakti@unmul.ac.id

Creative Commons License
Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/jsakti eISSN: 2684-8473 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.