Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Untuk Pengembangan Kawasan Pertanian Di Kabupaten Nunukan

Donny Dhonanto

Abstract


Abstrak. Potensi lahan pertanian di Kabupaten Nunukan masih sangat luas. Untuk mengetahui penggunaan lahan eksisting dan potensial di Kabupaten Nunukan khususnya lahan pertanian dibutuhkan suatu sistem informasi yang dapat mendukung akan hal tersebut. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk memfasilitasi hal tersebut adalah dengan menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG). SIG merupakan sistem informasi yang berbasis komputer dan data digital sehingga pengelolaan dan penyajiannya memiliki banyak kelebihan dibanding dengan yang bersifat manual. Penelitian ini mencoba memetakan potensi lahan yang berisifat clean and clear untuk pengembangan kawasan pertanian di Kabupaten Nunukan.

Keywords


SIG, potensi lahan, Nunukan

Full Text:

PDF

References


Danoedoro, P. 1996. Pengolahan Citra Digital; Teori dan Aplikasinya Dalam Bidang Penginderaan Jauh. Fakultas Geografi UGM, Yogyakarta.

Jensen, JR. 2005. Introductory Digital Image Processing; A remote sensing prespective, thirth edition. Pearson Prentice Hall, Sidney.

Pusat Penelitian Tanah dan Agroklimat. 2000. Sumberdaya Lahan Indonesia dan Pengelolaannya. Puslitanak, Bogor.

Wahyunto, et.al. 2004. Aplikasi Teknologi Penginderaan Jauh dan Uji Validasinya Untuk Deteksi Penyebaran Lahan sawah dan Penggunaan/ Penutupan Lahan. Jurnal Informatika Pertanian, Volume 13.




DOI: http://dx.doi.org/10.35941/jatl.2.2.2020.2801.86-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Agroekoteknologi Tropika Lembab