STRUKTUR ANATOMI KAYU TAHONGAI (Kleinhovia hospita Linn)

Kusno Yuli Widiati

Abstract


Kayu Tahongai telah dikenal sebagai tumbuhan obat yang berasal dari Kalimantan, terutama dari manfaat kandungan daunnya. Karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui struktur anatomi dari batang tahongai yang belum diketahui secara luas. Analisis yang digunakan secara deskriptif kuantitatif. Secara mikroskopis kayu tahongai  mempunyai pori yang tersebar secara baur dalam susunan tanpa pola tertentu dengan gabungan ganda radial, bidang perforasi  sederhana dan noktah yang berseling. Jari-jari multiseriate, biseriate, heterogenus dan terdapat kristal prismatik dengan parenkim aksial  apotrakeal diffuse. Diameter pori kategori sedang, tinggi pori sedang, dan jumlah pori jarang. Tinggi jari-jari termasuk kategori luar biasa pendek, lebar agak sempit dengan jumlah sedang. Panjang serat termasuk sedang, dengan diameter serat sangat besar dan tebal dinding serat termasuk kategori sangat tipis. Hasil analisis regresi menunjukkan hubungan yang sangat signifikan antara dimensi serat dengan arah pertumbuhan dari empulur ke kulit.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1985. Prosedur Penelitian. Suatu Pengantar Praktek. PT. Bina Aksara. Jakarta

Budiarso, E. 1988. Petunjuk Praktikum Pembuatan Preparat dan Pengamatan Struktur Anatomi Kayu. Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman. Samarinda.

Darwis, A., Wahyudi, I. dan R. damayanti. 2012. Struktur Anatomi Kayu Surian (Toona sinensis Roem). Jurnal Ilmu dan Teknologi Kayu Tropis, 10 (2): 159-167.

eFloras. 2016. Flora of China. Missouri Botanical Garden, St. Louis, MO & Harvard University Herbaria, Cambridge, MA. http://www.efloras.org, diakses pada 11 Desember 2017.

Fahn. 1991. Anatomi Tumbuhan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Haygreen, J.G. dan J.L. Bowyer. 1996. Hasil Hutan dan Ilmu Kayu. Suatu Pengantar (Terjemahan). Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

IAWA. 1989. International Anatomist Wood Association List of Microscopic Features for Hardwood Identification. Publisher for International association of Wood Anatomist at The Rijksherbarium. Lesden the Nederlands.

Praptoyo. 2010. Sifat Anatomi dan Sifat Fisika Kayu Mindi (Melia azdarach Linn) dari Hutan Rakyat di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kehutanan, 4 (1): 21-27.

Santoso, R.D. dan Kusnadi. 1992. Analisis regresi. Andi Offset. Yogyakarta.

Supartini, Listya M.D., Agus K., dan M. Muslich. 2013. Struktur Anatomi dan Kualitas serat Kayu Shorea hopeifolia (Heim) Symington dari Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kayu Tropis, 11 (1): 29-37.

Tsoumis G. 1991. Science and Technology of Wood. Structure, Properties, Utilization: Van Nostrand Reinhold.

Wagenfuer, R. 1984. Anatomoc des Holzes. Veb. Fachbich Verlag. Lepzig.

Widiati, K.Y. 2002. Pemanfaatan Kayu Tahongai (Kleinhovia hospita Linn.) Berdasarkan Sifat Fisika dan Mekanika serta Nilai Turunan Serat. Kumpulan Abstrak Seminar Nasional V Mapeki, Bogor, 30 Agustus – 1 September 2002. pp.




DOI: http://dx.doi.org/10.32522/ujht.v1i2.1010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Kusno Yuli Widiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Ulin : Jurnal Hutan Tropis

Forestry Faculty of Mulawarman University

Jl. Penajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123

E-Mail: ulin.jhuttrop@fahutan.unmul.ac.id

Support Contact

Lisa Andani
Phone: 0831-5359-8753
Email: ulin.jhuttrop@gmail.com

Description: Description: UJHT Visitors Stats Description: Creative Commons License
ULIN: Jurnal Hutan Tropis by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/UJHT/ eISSN: 2599-1183 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International