ANALISIS STABILITAS LERENG PADA RUAS JALAN SAMARINDA- BALIKPAPAN KM.24 DENGAN ALTERNATIF PERKUATAN DINDING BRONJONG DAN GEOTEKSTIL

Reyhana Almira Rahma, Mardewi Jamal, Heri Sutanto

Abstract


Ruas jalan Samarinda-Balikpapan berada pada kondisi topografi berupa perbukitan dan  lembah yang mengakibatkan beberapa segmen ruas jalan harus berada pada lereng. Adanya faktor-faktor internal dan eksternal, terutama hujan dan aliran air tanah yang membuat tanah pada lereng kehilangan kestabilan ataupun kemampuan menahan geseran sehingga  terjadi longsoran. Akibatnya beberapa segmen jalan mengalami kerusakan dan mengganggu arus lalu lintas. Sebagai upaya menghadapi kemungkinan
longsoran susulan pada lereng yang ada di badan jalan dan menanggulangi lereng yang sudah longsor. Maka perlu untuk  mengetahui angka keamanan dengan alternatif perkuatan dinding bronjong dan geotekstil.
 
Pada penelitian ini dilakukan analisis pada 3 kondisi permodelan yaitu kondisi eksisting, kondisi dengan perkuatan geotekstil dan kondisi dengan perkuatan bronjong. Analisis stabilitas lereng dilakukan dengan dua metode yaitu analisis dengan perhitungan manual untuk kondisi dengan perkuatan dan dengan Plaxis.  
 
Dari hasil analisa menunjukkan bahwa pada kondisi eksisting, lereng dalam kondisi tidak aman. Dengan nilai angka keamanan sebesar 0,97 dan tidak memenuhi angka keamanan yang diizinkan. Pada kondisi dengan perkuatan geotekstil angka keamanan meningkat menjadi 1,415 untuk perkerasan lentur. Pada kondisi dengan perkuatan dinding penahan gabion untuk perkerasan lentur  angka keamanan meningkat menjadi 1,424. Persentase peningkatan angka keamanan pada kondisi dengan perkuatan geotekstil untuk perkerasan lentur yaitu 45,88%. Pada kondisi dengan perkuatan dinding penahan gabion untuk perkerasan 46,80%. Dalam perhitungan kondisi dengan perkuatan bronjong dan geotekstil didapatkan semua perhitungan angka keamanan yang dicapai melebihi angka keamanan yang diizinkan yaitu 1,4.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v3i2.3255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teknologi Sipil