OPTIMALISASI BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN PROYEK PADA PROYEK DENGAN METODE LEAST COST ANALYSIS

Fedrikson Fedrikson, Mardewi Jamal, Fachriza Noor Abdi

Abstract


Kegagalan suatu proyek dapat dilihat dari keterlambatan waktu pelaksanaan dan masalah-masalah yang terjadi. Agar tidak terjadi kegagalan dalam suatu proyek maka diperlukan pengelolaan manajemen proyek yang sistematis sehingga dihasilkan waktu dan biaya proyek yang optimal. Untuk mengoptimalisasikan waktu dan biaya proyek dapat dilakukan dengan mempercepat waktu, antara lain dengan Least Cost Analysis. Penelitian ini menggunakan data dari proyek Gedung Badan Kepegawaian Daerah Kalimantan Timur.
Alternatif percepatan yang digunakan yaitu penambahan tenaga kerja. Perhitungan dimulai dengan mencari lintasan kritis menggunakan Microsoft Project 2016, metode PDM. Kemudian dilakukan crashing untuk mendapatkan cost slope kegiatan yang berada pada lintasan kritis, selanjutnya dilakukan analisis untuk mendapatkan biaya dan waktu yang optimum.
Dari hasil analisis diperoleh waktu dan biaya optimum pada penambahan tenaga kerja yaitu 184 hari dengan biaya total Rp. 24.823.863.868,50. Sehingga, persentase percepatan waktu penyelesaian proyek adalah 18,94 % dan persentase pengurangan biaya adalah 1,30%.

Kata kunci : Cost Slope, Least Cost Analysis, Precedence Diagram Method (PDM), Tenaga Kerja


Full Text:

PDF

References


Badri, Ir. Sofwan. Dasar-dasar Network Planning (Dasar-dasarPerencanaan Jaringan Kerja). Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1991.

Lock, Dennis. Manejemen Proyek. Jakarta Penerbit Erlangga, 1984.

Ervianto, W. I. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta : Andi Offset, 2004.

Husen, Ir. Abrar. Manajemen Proyek: Perencanaan, Penjadwalan, & Pengendalian Proyek. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Nemas, Dian. P., Optimalisasi Biaya dan waktu proyek dengan analisis crashing project (studi kasus proyek renovasi asrama wanajaya SMK negeri kehutanan samarinda). Tugas Akhir UNMUL. Samarinda : 2017.

Widiasanti I., dan Lenggogeni., Manajemen Kontruksi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Mingus, Nancy. Project Management Dalam 24 jam. Edisi 1. Cetakan 1. Jakarta : Prenadamedia Group, 2004.

A Luthan, Putri L, M.Sc dan Syafriandi, S.T. Aplikasi Microsoft Project untuk Penjadwalan Kerja Proyek Teknik Sipil Yogyakarta : C.V Andi Offset, 2006.

Yoheser, Reni. Analisis Crash Program Untuk Optimalisasi Pelaksanaan Proyek (Studi Kasus Proyek Rehabilitasi Gedung Puskesmas Air Putih Samarinda). Tugas Akhir UNMUL. Samarinda : 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.