ANALISIS KAPASITAS DAYA DUKUNG FONDASI TIANG BERDASARKAN DATA UJI LABORATORIUM, UJI SPT DAN UJI KALENDERING PADA PROYEK JALAN PENDEKAT JEMBATAN MAHAKAM IV SISI SAMARINDA KOTA

Budi Haryanto, Masayu Widiastuti, Syarifah Fathil Bariah

Abstract


Daya dukung fondasi sangat penting untuk diketahui agar dapat direncanakan struktur bangunan yang baik dan tidak mengalami penurunan ataupun kerusakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil kapasitas daya dukung tiang pancang yang berdiameter 500 mm (SPP500) dan 1000 mm (SPP1000) dengan menggunakan data uji laboratorium, uji Standart Penetration Test (SPT), dan data kalendering, serta membandingkan hasil analisa ketiganya dengan hasil tes Pile Driving Analyzer (PDA) sehingga dapat diperoleh metode yang memenuhi syarat aman.
Pada analisis daya dukung menggunakan data hasil uji laboratorium digunakan metode Broms dan zmetode U.S Army Corps, untuk daya dukung berdasarkan hasil uji Standard Penetration Test (SPT) digunakan metode Meyerhof dan metode Briaud et al dan untuk daya dukung berdasarkan hasil uji kalendering digunakan metode Hiley dan metode Danish.
Berdasarkan hasil analisis diketahui daya dukung ijin (Qa) pada SPP500 dan SPP1000 secara berurutan berdasarkan data uji laboratorium menggunakan metode Broms yaitu 985,18 ton dan 2.804 ton, lalu pada metode U.S Army Corps yaitu 962,23 ton dan 2.747 ton. Berdasarkan data uji SPT menggunakan metode Meyerhof yaitu 225,31 ton dan 582,05 ton, lalu pada metode Briaud et al yaitu 174,03 ton dan 582,05 ton. Berdasarkan uji kalendering menggunakan metode Hiley yaitu 255,79 ton dan 573,01 ton, lalu pada metode Danish yaitu 149,25 ton dan 272,52 ton.
Hasil daya dukung pada uji laboratorium memiliki perbedaan yang lebih besar dibandingkan dengan hasil PDA test. Hasil daya dukung dengan parameter data uji SPT dan uji kalendering memiliki hasil yang lebih kecil dan mendekati dengan hasil pengujian PDA, yang berarti daya dukung fondasi berdasarkan data SPT dan kalendering lebih dapat mewakili kondisi di lapangan.

Kata kunci: Analisis daya dukung, fondasi, tiang pancang, uji laboratorium, uji SPT, uji kalendering, PDA, CAPWAP


References


Andi Yusti. 2014. Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang diverifikasi dengan Hasil Uji Pile Driving Analyzer Test dan CAPWAP. 2(1): 23

Bima Adi Putra. Analisis Daya Dukung Tiang Pancang berdasarkan Hasil Data Kalendering pada Proyek Jembatan Kembar / Mahakam IV (MYC) Samarinda Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman.

Bowles, Joseph E. 1999. Analisa dan Disain Pondasi Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

Eko Seftian Randyanto. 2015. Analisis Daya Dukung Tiang Pancang dengan Mengunakan Metode Statik dan Calendring. Jurnal Sipil Statik.

Fyansaputra. 2014. Penentuan Kapasitas Dukung Pondasi Tiang dengan Data N-SPT dan Kalendering pada Struktur Pile Slab Jalan Gajah Mada Samarinda. Universitas Mulawarman.

Herwin. 2017. Kajian Efisiensi Pada Kelompok Tiang Dengan Konfigurasi 2 x 2. 4(4): 3-4.

Hardiatmo, Hary Christady. 2012. Mekanika Tanah 1 Edisi ke-6. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hardiatmo, Hary Christady. 2010. Mekanika Tanah 2 Edisi ke-5. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hardiatmo, Hary Christady. 2011. Teknik Fondasi 2. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Niken Silmi Surjandari. 2008. Studi Perbandingan Perhitungan Daya Dukung Aksial Pondasi Tiang Bor menggunakan Uji Beban Statik dan Metode Dinamik. Jurnal Media Teknik Sipil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.