KORELASI POROSITAS BETON TERHADAP KUAT TEKAN RATA-RATA

Mufti Amir Sultan

Abstract


Agregat yang tersedia di alam umumnya mempunyai pori yang berbeda setiap satu lokasi, hal ini dapat dilihat dengan perbedaan nilai resapan air oleh agregat. Salah satu masalah yang dihadapi adalah bagaimana pengaruh porositas terhadap nilai kuat tekan beton, dengan perbedaan nilai faktor air semen (FAS).

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dan pengaruh porositas beton dengan kuat tekan beton rata-rata. Pada penelitian ini dilakukan pengujian kuat tekan dan porositas beton. Penelitian ini menggunakan agregat kasar dari 3 lokasi yaitu Tubo, Bula, dan Togafo. Pembuatan benda uji dengan nilai FAS berbeda.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa semakin besar porositas maka kuat tekan beton semakin kecil. Dari hasil analisa regresi diperoleh nilai koefesien korelasi yaitu negatif, maka kedua variabel mempunyai hubungan tidak searah. Hubungan antara porositas agregat terhadap kuat tekan beton sangat kuat, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai korelasi atau hubungan antara dua variabel sangat erat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.