PERENCANAAN JALAN DENGANPERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA JALAN RAWA INDAH KOTA SANGATTA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Heri Sutanto

Abstract


Jalan sebagai salah satu prasarana transportasi darat dan memiliki peranan penting dalam kehidupan diantaranya memperlancar arus distribusi barang dan jasa, sebagai akses penghubung antar daerah satu dengan daerah yang lain serta dapat meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat. Keberadaan jalan raya sangat diperlukan untuk menunjang laju pertumbuhan ekonomi seiring dengan meningkatnya kebutuhan sarana transportasi.Sistem jaringan jalan baru menjadi kebutuhan yang tidak dapat terelakkan dengan meningkatnya
pertumbuhan penduduk yang semakin pesat dan tingkat kebutuhan yang semakin tinggi, sehingga harus segera disediakannya layanan transportasi yang berkualitas dan berkelanjutan.Penelitian ini menggunakan data proyek pada Jalan Rawa Indah Kota Sangatta Provinsi Kalimantan Timur.
Perencanaan jalan untuk geometrik jalan dan tebal perkerasan jalan menggunakan metode bina marga.Pada geometrik jalan perhitungan dimulai dari mencari jenis tikungan dan jenis lengkung. Pada tebal perkerasan jalan dimulai dari menentukan medan jalan hingga hasil desain tebal perkerasan kaku. Dari hasil analisis Jalan Rawa Indah Kota Sangatta Provinsi Kalimantan Timur panjang jalan 7,3 km termasuk dalam jalan kolektor, kelas jalan IIIA dan medan jalan datar, kecepatan rencana 60 km/jam, lebar jalan 6 m, lebar bahu jalan 1,5 m. Pada Perencanaan Geometrik didapatkan Alinyemen Horizontal dengan 12 tikungan
Spiral-Spiral, 6 tikungan Spiral-Circle-Spiral dan pada Alinyemen Vertikal terdapat 8 lengkung cekung dan 5 lengkung cembung. Pada Tebal Perkerasan menggunakan Perkerasan Kaku dengan Perkerasan beton semen 285 mm, Lapis Pondasi beton kurus 150 mm, Lapis Pondasi Agregat A 150 mm dengan tanah dasar asli

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30872/ts.v2i2.2185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknologi Sipil