PENGARUH PENAMBAHAN ABU SEKAM PADI TERHADAP KUAT TEKAN BETON DENGAN AGREGAT KASAR KORAL LONG IRAM DAN AGREGAT HALUS PASIR MAHAKAM

Dewi Ciptasari Kusumaningrum

Abstract


beton, mengetahui prosentase optimal abu sekam padi pada campuran beton, serta mengetahui kelayakan material lokal sebagai bahan penyusun campuran beton. Material yang digunakan adalah agregat kasar koral Long Iram dan agregat halus pasir Mahakam, semen type I (Bosowa) dan abu sekam padi. Benda uji berbentuk kubus dengan ukuran 15 cm x 15 cm x 15 cm, dengan perbandingan komposisi berat aktual beton sebesar 3,68 koral Long Iram : 1,68 pasir : 1 semen : 0,39 air. Prosentase penambahan abu sekam padi yaitu 3%, 6%, 9%, 12%, 15% dan 18% dari berat semen. Setiap prosentase abu sekam padi dibuat 3 benda uji dengan umur perawatan 14 dan 28 hari. Untuk beton normal dibuat 20 benda uji, 5 benda uji untuk umur 3, 7, 14 dan 28 hari.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan abu sekam padi dapat meningkatkan kuat tekan beton, yang ditunjukkan dengan nilai kuat tekan yang berada di atas kuat tekan rencana yaitu 18,68 Mpa. Prosentase optimal penambahan abu sekam padi adalah sebesar 6 %, dengan nilai kuat tekan sebesar 19,44 MPa yang mengalami peningkatan sebesar 2,2 % dibanding beton normal. Dari hasil pengujian laboratorium didapatkan bahwa material lokal cocok digunakan sebagai bahan campuran beton.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.