ANALISA PERILAKU DINAMIK STRUKTUR ATAS JEMBATAN MAHAKAM IV MYC SAMARINDA

Haryadi Indrianto

Abstract


Pengaruh gempa harus ditinjau sebagai bagian dari proses perencanaan struktur jembatan. Akibat pengaruh gempa baik kuat maupun lemah, struktur jembatan secara keseluruhan harus masih berdiri walaupun sudah dalam kondisi di ambang keruntuhan. Secara umum standar analisis struktur gempa adalah SNI 03-1726-2012 yang merupakan pembaruan dari peraturan gempa SNI 03-1726-2002. Adapun peraturan lainnya yang digunakan yaitu standar perencanaan struktur baja untuk jembatan
RSNI T-03-2005. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku dinamik struktur jembatan Mahakam IV MYC Samarinda apabila diberi beban gempa.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Software SAP2000. Struktur dimodelkan dalam permodelan tiga dimensi. Struktur tersebut kemudian di analisis dengan analisis respon spektrum. Adapun permodelan yang dilakukan meliputi pergantian tumpuan dari tumpuan rol ke sendi serta
pergantian pemeriksaan struktur yang dilakukan oleh SAP2000 menggunakan IBC2003 dan LRFD kemudian kedua hasil tersebut dibandingkan untuk menentukan mana yang lebih efisien. Parameterparameter dinamik yang dihasilkan selanjutnya dievaluasi untuk menentukan perilaku struktur.
Hasil menunjukkan bahwa perilaku dinamik serta kemampuan kapasitas dari profil yang digunakan pada jembatan Mahakam IV MYC Samarinda memenuhi persyaratan yang disyaratkan dan dinyatakan aman. Adapun persyaratan yang dimaksud adalah persyaratan pada peraturan gempa yaitu SNI 03-1726-2012 dan peraturan perencanaan baja untuk jembatan RSNI T-03-2005.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.