PENTINGNYA ANALISIS MEKANISME KERUNTUHAN PADA SEMUA TAHAPAN DAN ASPEK KEGIATAN KONSTRUKSI BERESIKO TINGGI

Abdul Haris

Abstract


Keruntuhan getas pada struktur-struktur yang beresiko tinggi perlu diantisipasi secara sistemik lebih serius lagi. Kebutuhan infrastruktur dan sarana prasarana lainnya terus tumbuh baik dari segi kulaitas maupun kuantitas. Dibutuhkan lebih banyak lagi struktur-struktur yang beresiko tinggi seperti jembatan-jembatan bentang panjang dengan kabel dan gantung maupun kontruksi baja serta jembatan jembatan yang melayang di atas kota yang sibuk. Bangunan-bangunan vital didaerah rawan gempa dan juga dengan kondisi tanah tidak stabil.
Sejumlah keruntuhan konstruksi beresiko tinggi seperti jembatan bentang panjang dan juga gedung ditelusuri. Dari hasil penelusuran, ditemukan banyak ketidakpastian perilaku struktur yang perlu dicermati. Pendekatan probablistik perlu diadopsi lebih luas sedemikian analisis mekanisme keruntuhan struktur dibutuhkan dalam proses perencana atau bahkan pada saat program disiapkan. Analisis mekanisme keruntuhan yang dilakukan sejak dari tahapan program akan memberikan informasi untuk
langkah-langkah yang akan diambil dalam rangka mereduksi probabilitas keruntuhan getas. Analisis mekanisme keruntuhan juga akan memberikan informasi terkait metode konstruksi dan juga untuk tahapan pemeliharaan dan perbaikan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.