STUDI NILAI EKONOMI KEGIATAN PENAMBANGAN BATUBARA DI PIT ARJUNA SITE PT. KOMUNITAS BANGUN BERSAMA SUB PT. KALTIM DIAMOND COAL KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Setiawan Tandi, windhu Nugroho, Tommy Trides

Abstract


Ekonomi teknik merupakan penentuan faktor-faktor dan kriteria ekonomi yang digunakan ketika satu atau lebih alternatif dipertimbangkan untuk dipilih dalam menyelesaikan suatu masalah di bidang teknik. Bisa juga dikatakan bahwa ekonomi teknik adalah sekumpulan teknik matematika yang menyederhanakan perbandingan ekonomi dalam suatu kasus di bidang teknik. Penelitian ini bertujuan untuk mnghitung biaya-biaya yang terkati dengan penambangan batubara, menghitung keuntungan dan aliran kas, membuat analisis kepekaan serta mengkaji layak atau tidaknya proyek tersebut dilaksanakan pada PT Kaltim Diamond Coal. Analisis kelayakan investasi di PT Kaltim Diamond Coal menggunakan data dari hasil wawancara dari supervisor engineering perusahaan secara langsung. Metode yang digunakan untuk menghitung suatu kelayakan investasi di PT Kaltim Diamond Coal adalah dari Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Pay Back Period (PBP) dan Minimum Attractive Rate of Return (MARR). Dari metode tersebut parameter yang digunakan adalah apabila nilai NPV positif dan nilai IRR lebih besar dari nilai MARR serta nilai dari PBP lebih kecil dari umur tambang maka proyek tersebut dikatakan layak. Berdasarkan hasil dari perhitungan yang telah dilakukan dapat disimpulkan biaya produksi bergantung pada target produksi perusahaan, pendapat yang diperoleh pada perusahaan berbeda pada berbagai tahun, nilai aliran kas yang didapat; NPV sebesar Rp 185.212.238.414 dan nilai IRR adalah 35% dari nilai MARR 10% serta nilai PBP sebesar 30 bulan atau 2,5 tahun.


Keywords


Ekonomi Teknik, Analisis Investasi, Kelayakan

Full Text:

40-45 PDF

References


Arif. I., 2014., Batubara Indonesia, Jakarta; PT. Gramedia Pustaka Utama

Degarmo.P.E.,Sullivan.W.G.,Bontadelli.J.A.,Wicks.E.M., 1997, Ekonomi Teknik, Prentice Hall,Inc Jakarta: PT Ikrar Mandriabadi.

Giatman.M., 2006, Ekonomi Teknik, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Husnan.S., M.Suwarsono., 1998, Studi Kelayakan Proyek, Jakarta: Unit Percetakan & Penerbitan.

Ibrahim.Y., 1998, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Jusup.H.A., 2005, Dasar-Dasar Akuntansi,Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi

Kodoatie.R.J.,1995, Analisis Ekonomi Teknik,Yogyakarta: CV Andi Offset.

Nurhayati.A., Dewi.R.K.S., 2017, Ekonomi Teknik, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Raharjo.F., 2007, Ekonomi Teknik Analisis Pengambilan Keputusan, Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ristono.A.,Puryani., 2011, Ekonomi Teknik, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Stermole.F.J.,Stermole.J.M., 1990, Economic Evaluation and Investment Decision Methods, Colorado: Investment Evaluation Corporation.

Sutrisno.H., 2005, Manajemen Keuangan Teori, Konsep, dan Aplikasi, Yogyakarta: Ekonisia

Thuesen G.J., Fabrycky W.J., 2003, Ekonomi Teknik, New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Upper Saddle River




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtm.v7i2.2959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.