ESTIMASI CADANGAN BERDASARKAN STRIPPING RATIO PADA PT. DHARMA PUTRA BERSAMA, KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Muhammad Haeril Fadly, Hamzah Umar

Abstract


Penambangan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengambil endapan bahan galian dibawah permukaan bumi, salah satunya adalah batubara. Perhitungan cadangan merupakan pekerjaan untuk mengetahui nilai keekonomisan dari suatu bahan galian. Hal lain yang berpengaruh dalam perhitungan cadangan adalah sebagai dasar evaluasi ekonomis, apakah daerah penelitian dinyatakan layak atau tidak layak tambang. Penelitian dilakukan pada PT. Dharma Putra Bersama, Loa Janan, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dimana pengerjaan perhitungan dibantu dengan program berbasis komputerisasi.Dalam penelitian ini di gunakan metode model blok untuk menentukan daerah potensial yang optimal untuk dilakukan kegiatan penambangan, dari model blok tersebut di buat batter block solid (dengan kontur struktur sebagai batas bawah dan topografi sebagai batas atas), sehingga dari batter block solid tersebut kita dapat membuat reshgraph berdasarkan nilai stripping ratio yaitu 6,5 :1, dari hasil reshgraph tersebut dapat ditentukan daerah potensial yang akan dilakukan penambangan yang di tandai dengan warna-warna tertentu. Hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh permodelan endapan batubara seam X memiliki ketebalan 2,71 meter dan perhitungan estimasi cadangan tertambang diperoleh batubara sebesar 335.272,19 MT, overburden sebesar 2.026.338,38 BCM , Sehingga diperoleh stripping ratio sebesar 6,04 : 1, dengan luas pit sebesar 14,29 ha.

Keywords


Batubara, Model blok, Batter block Solid, Stripping Ratio, Reshgraph

Full Text:

37-42 PDF

References


Anonim. 1995. Keputusan Mentri Pertambangan dan Energi No 555.K/26/M.PE/1995 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan Umum. Mentri Pertambangan dan Energi: Jakarta.

Hustrulid, W., Kuctha, M., and Martin R. 2006. Open Pit Mine Planning and Design Volume 1-Fubdamentals 3rd Edition. Taylor & Francis: London

Arif, I., 1996. Diktat Kuliah: Tambang Terbuka. Institut Teknologi Bandung: Bandung.

Lange, M., 1991. Geologi Umum. Jakarta: Gaya Media Pratama.

Merrit, RD. 1986. Coal Exploration Mine Planning and Development, Noyes Publication, Park Ridge, New Jersey, U.S.A.

Prodjosumarto, P. 1994. Diktat Kuliah: Tambang Terbuka (Surface Mining). Institut Teknologi Bandung: Bandung.

Read, Jhon & Peter Stacey. 2009. Guildlines for Open Pit Slope Design. CSIRO: Australia.

Standar Nasional Indonesia, 2011 (5015:2011),Pedoman Pelaporan Sumberdaya dan Cadangan Batubara. Badan Standardisasi Nasional.

Sukandarrumidi. 1995. Batubara dan Gambut, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta

Sulistyana, W. 2010. Perencanaan Tambang Edisi Kelima. Universitas Pembangunan

Nasional “Veteran” Jogyakarta: Yogyakarta.

Sulistyana, W. 2015. Perencanaan Tambang Edisi Keenam. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jogyakarta: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtm.v6i2.1755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.