Pengaruh Motivasi, Kepuasan Kerja, dan Komitmen Organisasional Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Mega Jasa

muhammad abdillah syawal

Abstract


Kinerja karyawan yang merupakan bagian dari Manajemen Sumber Daya Manusia adalah aset dan berfungsi sebagai modal nonmaterial dalam organisasi bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional terhadap kinerja karyawan yang dilakukan di CV. Mega Jasa. Penelitian ini adalah penelitian survei, pemilihan subjek dengan random sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Subjek penelitian adalah karyawan CV. Mega Jasa yang berjumlah 100 subjek dengan total populasi 176 karyawan. Analisis data menggunakan analisis regresi, sedangkan untuk menganalisis hipotesis penelitian menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi tidak mempengaruhi kinerja karyawan. Diperoleh nilai p = 0,569 (p > 0,05). Berdasarkan analisis data diperoleh nilai p = 0,032 (p < 0,05), diketahui bahwa kepuasan kerja mempengaruhi kinerja. Pada variabel komitmen organisasional diketahui nilai p = 0,033 (p < 0,05), yaitu komitmen organisasional berpengaruh pada kinerja karyawan. Disimpulkan bahwa kepuasan kerja dan komitmen organisasional mempengaruhi kinerja, sedangkan motivasi tidak mempengaruhi kinerja karyawan.

Full Text:

PDF

References


As'ad, M. 2004. Psikologi Industri: Seri Ilmu Sumber Daya Manusia. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Chandraningtyas, I. dkk. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasional (Studi Kasus Karyawan PT. Kusuma Karya Persada yang Outsourcing di PT. Sasa Inti Probolinggo). Jurnal Profit. Vol. 6, No. 2.

Haryanto. 2010. Hubungan Komitmen Organisasi dengan Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil Jakarta Barat. Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Kiswari, Y, dkk. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja, Persepsi dan Komitmen Organisasi Pegawai Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Studi Kasus pada PT. Berkah Ilahi di Kota Semarang). Jurnal Manajemen, Vol. 2, No 2.

Marlia, N. 2010. Pengaruh Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Alam Prima Komputer Bandar Lampung. Skripsi (Tidak Diterbitkan).

Nawawi, H. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Siagian, S.P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara: Jakarta.

Sinambela, L.P. 2012. Kinerja Pegawai: Teori Pengukuran dan Implikasi. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta: Bandung.

Sunyoto, D. 2015. Penelitian Sumber Daya Manusia: Teori, Kuesioner, Alat Statistik, dan contoh Riset. CAPS (Centre of Academic Publishing Service), Yogyakarta.

Surjosuseno, D. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi UD Pabrik Ada Plastic. Skripsi, Agora Vol. III, No. 2.

Swastha, B. & Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta.

Syafei, M., dkk. 2016. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan PT Pul Logistics Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen, Vol. 2, No. 3.

Yani, M. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Mitra Wacana Media, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.