GEOLOGI DAN ANALISIS KARAKTERISTIK MORFOTEKTONIK DAN MORFOMETRI UNTUK PENENTUAN SUBDAS PRIORITAS UNTUK PENANGGULANGAN BANJIR DAERAH TANJUNG BATU KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Heriyanto ., Muhammad Amin Syam, Aditya Pratama, Mahfuzh Qoid

Abstract


Pulau Kalimantan merupakan bagian dari kerak Sunda (Sundaland). Morfologi Pulau Kalimantan didominasi oleh perbukitan hingga perbukitan terjal pada bagian tengahnya, sedangkan dataran terdapat pada daerah sepanjang pantai. Morfologi perbukitan hingga perbukitan terjal tersusun oleh batuan berumur Pra Tersier dan Tersier, sedangkan morfologi dataran tersusun oleh batuan berumur Kuarter. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Geologi daerah sekitar, morfotektonik dan morfometri di daerah penelitian. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data vektor jaringan sungai dan peta topografi. Hasil penelitian menunjukan dari segi morfometri bahwa DAS Pulau Jawan yang memiliki nilai prioritas pengelolaan lebih tinggi, diikuti DAS Landap kemudian DAS Loa Lepu dan DAS Tuwayan, dan dari segi morfotektonik diperoleh bahwa daerah penelitian tersebut merupakan tektonik tidak aktif.

Keywords


Geologi; Morfometri; Morfotektonik

Full Text:

PDF

References


Anfasha, A., Pranantya, P. A., Sukiyah, Emi. 2016. Karakteristik morfometri dan morfotektonik DAS Cibeet segmen Selaawi Girijaya dan DAS Cikundul segmen Cibadak Majalaya, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat. Bulletin of Scientific Contribution. Vol 14 (2): 185-194.

Asdak, Chay. 1995. Hidrologi dan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Doornkamp, J. C. 1986.Geomorphologycal approaches to the study neotectonics. Journal of Geologycal Society, Vol. 143: 335-342.

E O'Leary D, Enterprise Resource Planning System: System, Life Cycle, Electronic Commerce, and Risk. New York: Cambridge University Press, 2000.

Hallaf, H.P., 2005. Geomorfologi Sungai dan Pantai. Jurusan geografi FMIPA UNM. Makassar.

Horton, R.E. 1945: Erosional development of streams and their drainage basins: hydrophysical approach to quantitative morphology. Bulletin of the Geological Society of America 56, 2 75-3 70.

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum RI. No 39 pasal 1 dan pasal 2 tahun 1989. Pembagian Wilayah Sungai. Jakarta.

Peraturan Pemerintah RI. No 37 pasal 1 tahun 2012. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Jakarta.

Syam, Muhammad Amin., Sasmito, Koeshadi., Adlina, Nanda Nur., Hasanah. 2018. Geologi Dan Pengaruh Litologi Terhadap Bentuk Morfologi Daerah Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Teknik Geologi: Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Vol. 1 No. 1, hal. 1-4 Universitas Mulawarman.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtg.v3i1.6477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.