GEOLOGI DAN ANALISIS KESESUAIAN LAHAN UNTUK PEMUKIMAN BERDASARKAN PENDEKATAN GEOMORFOLOGI DAN METODE AHP DI BUKIT PINANG, SAMARINDA ULU, KOTA SAMARINDA

Hamzah Umar, Resty Intan Putri, Adjie Zunaid Tualeka, Utari Alifia

Abstract


Lokasi penelitian berada di Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah arahan peruntukan lahan permukiman yang sudah ada di lokasi penelitian sudah sesuai dengan kriteria - kriteria peruntukan lahanya berdasarkan pendekatan geomorfology. Adapun metode analisis yang digunakan ialah metode Proses Hirarki Analitik (AHP), yang digunakan untuk mencari nilai bobot dari parameter litologi, morfologi, kemiringan lereng, tingkat kebasahan lahan, dan tingkat tutupan lahan. serta menggunakan penentuan klasifikasi kesesuaian lahan menurut FAO 1976 untuk kategori sub-kelas. Hasilnya terdapat 3 kelas wilayah di daerah penelitian yaitu lahan sesuai, merupakan daerah yang memilki tingkat kemampuan lahan tinggi dan baik untuk dibangun atau dikembangkan lahan pemukiman, lahan sesuai bersyarat merupakan daerah yang memilki tingkat kemampuan sedang atau kurang untuk dikembangkan sebagai lahan pemukiman, lahan tidak sesuai merupakan daerah yang memilki tingkat kemampuan lahan yang buruk untuk dikembangkan sebagai lahan pemukiman.

Keywords


Bukit Pinang; Pemukiman; AHP; FAO

Full Text:

PDF

References


Agnia Eva Munthafa1, Husni Mubarok. 2017.PENERAPAN METODE ANALYTHICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MAHASISWA BERPRESTASI. Jurnal Siliwangi Vol.3. No.2, 2017. Seri Sains dan Teknologi.

Bahrudin, Muhammad Joko Umbaran. 2018. Zonasi Daerah Rawan Longsor Menggunakan Metode Analisis Sistem Informasi Geografis Berdasarkan Metode AHP Pada Daerah Gunung Kidul Yogyakarta. Semarang: Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Komputer. Universitas Alma Ata.

Bermana, Ike. 2006. Klasifikasi Geomorfologi untuk Pemetaan Geologi yang telah dibakukan. Bulletin of Scientific Contribution, Volume 4, Nomor 2, Agustus 2006 : 161-173. Laboratorium Geomorfologi dan Geologi Foto, Jurusan Geologi, FMIPA, UNPAD.

Merata, Nandian dan Raharjo Dwi Puguh. 2012. Analisis Lahan untuk pengembangan Pemukiman (studi kasus daerah Wado dan sekitarnya). Prosiding Pemaparan Hasil Penelitian Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI - 2012 ISBN: 978-979-8636-19-6. Kebumen: LIPI.

Noor, Djauhari. 2010. Geomorfologi edisi pertama. Bogor. Pakuan University Press.

PERATURAN MENTERI KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR P.12/Menhut-II/2012

Rauf, S dkk. 2018. Analisis Tata Guna Lahan di Kabupaten Soppeng Berbasis GIS Menggunakan Citra Sentinel 2. Jurnal Penelitian Teknik Sipil. Makasar. Universitas Hasanuddin.

Sasmito, Koeshadi., Rindawati, Puspa Indah., Pradana, Septian Ade., Andika, Bukit. 2018. Analisis Lingkungan Pengendapan Dengan Metode Analisis Granulometri Daerah Tanah Merah Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Jurnal Teknik Geologi: Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Vol. 1 No. 1, hal. 15-26 Universitas Mulawarman.

Sukiyah, Emi. 2107. SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS Konsep dan aplikasinya dalam analisis geomorfologi kuantitatif. Bandung: Unpad Press.

Syam, Muhammad Amin., Sasmito, Koeshadi., Adlina, Nanda Nur., Hasanah. 2018. Geologi Dan Pengaruh Litologi Terhadap Bentuk Morfologi Daerah Bangun Rejo Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Teknik Geologi: Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Vol. 1 No. 1, hal. 1-4 Universitas Mulawarman.




DOI: http://dx.doi.org/10.30872/jtg.v3i1.6476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.