ANALISIS STRATEGI PEMASARAN SIRUP RUMPUT LAUT MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) (STUDI KASUS: KELOMPOK TANI SUMBER LAUT BERJAYA, BALIKPAPAN)

Nindy Nuroktaviana, Willy Tambunan, Anggraini Profita

Abstract


Kelompok Tani Sumber Laut Berjaya merupakan Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan
Perikanan (P2MKP) dengan bidang usaha budidaya rumput laut. Salah satu produk yang
dihasilkan adalah sirup rumput laut. Dalam pemasarannya, produk tersebut diakui sebagai hasil
produksi salah satu perusahaan minuman di Indonesia. Selain itu, Kelompok Tani Sumber Laut
Berjaya memasarkan produknya tanpa merek dengan menggunakan metode mouth to mouth
serta melakukan penjualan di pameran-pameran. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukannya
analisis terhadap strategi pemasaran sirup rumput laut oleh Kelompok Tani Sumber Laut
Berjaya. Analisis pemasaran sirup rumput laut dilakukan dengan 3 tahap, yaitu Tahap Input
(Matriks IFE dan Matriks EFE), Tahap Pencocokan (Matriks IE dan Matriks SWOT), dan Tahap
Keputusan (Matriks QSPM). Pada matriks IFE, didapatkan total skor sebesar 2,056, sedangkan
Matriks EFE didapatkan skor sebesar 2,861. Berdasarkan skor yang didapatkan Matriks IFE
dan EFE, dihasilkan Matriks IE yang menunjukkan bahwa Kelompok Tani Sumber Laut Berjaya
berada di sel V, (menjaga dan mempertahankan). Berdasarkan strategi tersebut serta faktor
internal dan faktor eksternal, maka dirumuskan strategi dengan menggunakan Matriks SWOT
sehingga didapatkan delapan strategi. Kedelapan strategi tersebut kemudian diberi peringkat
pada Matriks QSPM. Alternatif strategi peringkat pertama, yaitu strategi meningkatkan kualitas
produk dan mengefisiensikan biaya produksi dengan skor daya tarik sebesar 5,698.  

Kata kunci: QSPM, Sirup Rumput Laut, Strategi Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.