ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT USABILITAS PADA WEBSITE BELANJA ONLINE DI INDONESIA (STUDI KASUS: TOKOPEDIA, BUKA LAPAK, SHOPEE)

Gilang Hamzah Akbar

Abstract


Seiring meningkatkanya jumlah pengguna internet di Indonesia, fenomena belanja online saat
ini juga semakin meningkat. Website belanja yang diakses oleh para pembeli online dituntut
untuk memiliki tingkat usabilitas yang tinggi agar memudahkan penggunanya dalam berbelanja
online. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi tingkat usabilitas dari 3 website belanja
online di Indonesia yaitu Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee yang ditinjau dari 5 dimensi
usabilitas menurut Nielsen yakni learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction.
Metode yang digunakan yakni thinking aloud yang melibatkan pengguna internet sebagai
responden dengan rentang usia 20-40 tahun sebanyak 42 orang, dimana responden tersebut
terbagi dalam dua kategori user, yakni novice user dan casual user. Hasil akhir dari penelitian
ini berupa masukan dan rekomendasi perbaikan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan
kepuasan konsumen bagi para pengembang website belanja online di Indonesia.
 
Kata kunci: thinking aloud, usabilitas, website belanja online

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.