IMPLEMENTASI TEKNIK HACKING WEB SERVER DENGAN PORT SCANNING DALAM SISTEM OPERASI KALI LINUX

Muhammad Rizqi Rusydianto, Edy Budiman, Hario Jati Setyadi

Abstract


Port Scanning merupakan sebuah teknik hacking dimana seorang penyerang dapat membobol website
atau web server melalui port yang trerbuka untuk dieksekusi. Berdasarkan data dari Pemerintah Meksiko, Amerika Serikat dan Rusia pada tahun 1999-2013, yang melakukan survey mengenai ancaman cybercrime yang sering terjadi pada Port Scanning, carding, Hacking Web Site, dan penyadapan transmisi maka Teknik Port Scanning adalah bug yang kedua paling banyak ditemukan di pada website-website yang berada di Internet. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Bagaimana menguji sistem keamanan web server yang vulnerable open port. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif berupa eksperimen dimana peneliti menggunakan metode analisis hasil penelitian dengan melakukan penyerangan langsung ke web server target. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: 1) studi pustaka, 2) studi lapangan. Dalam membuat media pembelajaran ini peneliti menggunakan motode Network Development Life Structure. Hasil dari penelitian ini yaitu memudahkan memudahkan admin suatu web server untuk menguji dengan mudah apakah kemungkinan mempunyai celah port yang terbuka atau tidak dan segera menangani masalah yang dihadapi. Dengan demikian tutorial ini memudahkan untuk memeriksa web server apakah mempunyai celah agar dapat segera memperbaikinya dan tidak terjadi pencurian data-data penting dari web server yang di kelola.

Keywords


Hacking, Kali Linux, Nmap

Full Text:

PDF

References


Unggul, STIKOM Insan. Eptik Carding dan Port Scanning. n.d. http://ulwishome.blogspot.co.id/2016/12/tugasmakalah-eptik-carding-dan-port.html (accessed Mei 29, 2017).

Hartiwati, Ertie Nur. “Keamanan Jaringan Dan Keamanan Sistem Komputer Yang

Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Warnet. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer , 2014: Vol 19, No 3 .

Kristanto, Andri. “Sistem Keamanan Data Pada Jaringan Komputer.” Magistra, 2007: Vol 19, No 60.

Widodo, Andrias Suryo. “Eksploitasi Celah Keamanan Piranti Lunak Web Server Vertrigoservpada Sistem Operasi Windows Melalui Jaringan Lokal.” Prosiding KOMMIT, 2017: 591/514.

Syafrizal, Melwin. TCP/IP. Networking, 2010: 4481..

Overflowsecurity. overflowsecurity-troll. n.d. http://overflowsecurity.com/?p=70 (accessed Juni 14, 2017).

IBTeam. Attacking Side With Backtrack. n.d. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=4&cad=rja&uact=8&

ved=0ahUKEwjJ74GGspTUAhWDyRoKHTOuDbEQFgg8MAM&url=http%3A%2F%2Frepo.unnes.ac.id%2Fdokumen%2Fpentest_hacking%2FASWB.v2.pdf&usg=AFQjCNHNk9RwSNdtkUzc6gJdL46A7io-qQ&sig2=fHgrSZFQh(accessed Mei 29, 2017).

BB Halib, E Budiman, HJ Setyadi. "Teknik Hacking Web Server Dengan Sqlmap Di Kali Linux", 2017. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi 1 (1), 67-72.

Aulia Rahman & Haviluddin. 2016. Implementation of Bandwidth Management Authentication. IJCANDI - International Journal of Computing and Informatics. ISSN: 2502-2334. Vol. 1, No. 1, February 2016. Pg. 1-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.