SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGAN PENAMBAHAN FITUR PERAMALAN TINGKAT CUSTOMER COMPLAIN MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS:PT. SATNETCOM BALIKPAPAN)

Tisa Yulia Astriana, Masna Wati, Novianti Puspitasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan sistem Customer Relationship Management untuk memudahkan dalam melakukan pendataan customer agar lebih efektif dan efisien serta memberikan penambahan fitur yang mampu  menentukan peramalan tingkat komplain customer. Perancangan dan pembangunan sistem informasi CRM ini berbasis aplikasi web sehingga dapat mempermudah, mempercepat dan mengurangi tingkat kesalahan dalam pengolahan data. Sistem Informasi Customer Relationship Management ini dapat melakukan perhitungan peramalan dalam prediksi tingkat jumlah konsumen yang komplain. Data historis yang dihitung menggunakan metode single exponential smoothing pada periode bulan Januari 2016 – Juni 2016. Pengujian hasil peramalan menggunakan Mean Absolute Percentage Error. Metode peramalan menggunakan single exponential smoothing dengan konstanta α = 0,2 dan pengujian hasil peramalan memiliki tingkat akurasi sebesar 84%-80% dengan nilai error sebesar 16%-20% yang dapat dikategorikan baik.

Keywords


Sistem Informasi; Customer Relationship Management; Single Exponential Smoothing.

Full Text:

PDF

References


Nur, Ilsan. P, dkk. 2011. “Peramalan Permintaan Dan Perencanaan Produksi Dengan Mempertimbangkan Special Event DI PT. Coca-Cola Bottling Indonesia (PT. CCBI) Plant-Pandaan”. Teknik Industri. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Ade, Putut dkk, 2017. “Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Metode Material Requirement Planning (Mrp) Pada Pt. Semen Indonesia (PERSERO), Tbk”. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE) Vol. 04 No. 01. Pasuruan.

Tata, Sutabri. 2012. “Konsep Sistem Informasi”. Andi. Yogyakarta.

Reza, Ali. Y. 2017. “Analisa Customer Churn pada perusahaan Internet Service Provider xyz menggunakan Backpropagation Neural Network”. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Dwi, Titania dkk. 2016. “Peramalan Jumlah Stok Alat Tulis Kantor Di UD ACHMAD JAYA Menggunakan Metode Double Exponential Smoothing”. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasia ASIA (JITIKA). Vol.10, No.1. Malang.

Haviluddin & Rayner Alfred. 2014. Forecasting Network Activities Using ARIMA Method. Journal of Advances in Computer Networks (JACN). ISSN: 1793-8244. Volume 2, Number 3, September 2014. DOI: 10.7763/JACN.2014.V2.106. Pg. 173-177

Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

Haviluddin, Rayner Alfred, Purnawansyah, Achmad Fanany Onnilita Gaffar. 2017. Network Traffic Time Series Performance Analysis Using Statistical Methods. Knowledge Engineering and Data Science (KEDS), Vol. 1, No. 1 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.