MEMBANGUN GAME ADVENTURE QUIZ 2D KHAS DAERAH KALIMANTAN TIMUR : “BEJALANAN”

Muhammad Khairan Nisfi, Indah Fitri Astuti, Dyna Marisa Khairina

Abstract


Adventure Quiz:’Bejalanan’ adalah  permainan papan yang dibuat dengan menggunakan aplikasi SwishMax 4.0. Permainan dibuat dengan aturan yang mudah dimainkan sehingga pemain tidak perlu berfikir terlalu keras untuk memainkannya. Adventure Quiz:’Bejalanan’ dikembangkan dengan metode pengembangan sistem Linear Sequential Model yang terdiri atas Identifikasi kebutuhan, desain, pengkodean, dan pemeliharaan. Aplikasi ini dikembangkan dengan metode perancangan UML. Hasil yang diperoleh adalah aplikasi permainan  Adventure Quiz:’Bejalanan’ yang cocok untuk semua umur dengan konsep yang sesuai sehingga dapat digunakan untuk hiburan sekaligus media pembelajaran pengenalan Kalimantan Timur, jadi permainan Adventure Quiz:’Bejalanan’ dapat dikatakan sebagai game edukasi.

Keywords


Adventure Quiz; Bejalanan; gameboard; Game Edukasi

Full Text:

PDF

References


Anwar, M. 2014. Pembuatan Game Snow White And The Seven Dwarfs Berbasis Flash. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Yogyakarta

ESRB. ESRB Rating Guide [Online] https://www.esrb.org/ratings/ratings_guide.jsp

Havilludin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal Informatika. Vol 6 No.1 Edisi Febuari 2011.

Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

Edy Budiman, Rofilde Hasudungan, Akhmad Khoiri. 2017. Online Game “Pics And Words” Sebagai Media Edukasi Bahasa Inggris Berbasis HTML. Prosiding 2nd SAKTI. [6] Knuth, D.E. The Art of Computer Programming (2d ed.1938)

Neumann, J.V. and Morgenstern, O. Theory of Games and Economic Behavior (3d ed.1953).

Nugroho, I.R. 2014. Perancangan dan Analisi Game “World of Zoo” Dengan Aplikasi Adobe Flash. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Yogyakarta.

Ramdhasari, E. 2014. Rancang Bangun Game Peta Buta Dunia. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Yogyakarta.

Rozi, Z.F. 2010. Perancangan Game Mouse Hunter Menggunakan Adobe Flash CS 3. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Yogyakarta.

Rumbaugh, J. 2006. The Unified Modeling Language Refrence Manual. Addison – Wesley : Harlow.

Saputro, H.M. 2014. Analisis dan Perancangan Game 'Petualangan Abdan' Berbasis Flash. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Yogyakarta.

Smith, J. 2012, Adobe Photoshop CS6 Digital Classroom. John Wiley & Sons: Canada

Suherman, P. Dan Sofyan, A.F. 2010. Perancangan Game Untuk Anak – Anak “Petualangan Pepen” Dengan Macromedia Flash. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Yogyakarta.

Sujatmiko, M.A. 2014. Perancangan dan Pembuatan Game The Secret of Paradise Menggunakan Adobe Flash CS3. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Yogyakarta.

Tim Penyusun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur. 2010. Indonesia Kalimantan Timur ( Sekilas Kalimantan Timur ).Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Timur. Kalimantan Timur.

Vigorsinanjung, V. 2014. Perancangan dan Pembuatan Game Edukasi Untuk Memperkenalkan Objek Wisata di Kulon Progo. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta. Yogyakarta.

Wisah, A.R. dan Gunawan, H. 2010. Belajar Animasi Swishmax 2.0. PalComTech Publisher. Palembang.

Yulianto, A.A.,dkk. 2009. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Politeknik Telkom. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.