PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DATA POHON DAN ENDEMIK PADA HUTAN HUJAN TROPIS KALIMANTAN

Kurnia Asa, Edy Budiman, Herman Santoso Pakpahan

Abstract


Data keanekaragaman hayati tumbuhan di Kalimantan belum dikelola dengan baik. Kebanyakan data keanekaragaman hayati tumbuhan berada terpisah pada meja para peneliti dan lembaga terkait atau kadang tidak diterbitkan pada wilayah Kalimantan sebagai salah satu pusat keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Metode pengembangan perangkat lunak pendekatan model proses incremental yang dimodelkan menggunakan Data Flow Diagram (DFD), kerangka pembuatan web model view control framewok Laravel dengan koneksi database MySQL. Pengujian sistem menggunakan black box testing. Hasil penelitian berupa sistem informasi berbasis web dan inventarisasi data pohon dan endemik Kalimantan. Jumlah data yang ada pada sistem ini sebanyak 1.482  data pohon  yang ada di Kalimantan Dari 1.482 data pohon yang ada di Kalimantan terdapat 1.436 yang merupakan endemik dan 46 yang bukan merupakan endemic

Keywords


keanekaragaman hayati, informasi, pohon endemik, kalimantan

Full Text:

PDF

References


Kustiwi, W. Kekerabatan Familia Poaceae Berdasarkan Morfologi Menggunakan Metode Taksimetri Sebagai Sumber Belajar Biologi. Malang: Universitas Muhammadiyah, 2015.

Kathy, MacKinnon. Ekologi Kalimantan. Jakarta: Prenhallindo, 2000.

Sidiyasa, Kad. Jenis-Jenis Pohon Endemik Kalimantan. Samboja: Balai Penelitian Teknologi Konservasi Sumber Daya Alam, 2015.

Amin, S. Leksono. Keanekaragaman Hayati. Malang: Universitas Brawijaya, 2011.

Https://Www.Grapesdakalimantan.Com/Hut an-Hujan-Kalimantan-Riwayatmu-Kini/ (Diakses 13 Februari 2017)

Ach, Ariffien Bratawinata. Ekologi Hutan Hujan Tropis. Samarinda: Lab. Dendrologidan Ekologi Hutan Fakultas Kehutanan Unmul, 2014.

Kurniawan. "Pengembangan Aplikasi Sistem Pembelajaran Klasifikasi (Taksonomi) Dan Tata Nama Ilmiah Pada Kingdom Plantae (Tumbuhan) Berbasis Android." Jurnal Komputasi, 2016.

Jogiyanto, HM. Analisis dan Desain. Yokyakarta: Andi Offset, 2009.

Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

Haviluddin. 2009. Memahami Penggunaan Diagram Arus Data; Jurnal INFORMATIKA Mulawarman, September 2009, Vol. 4, No. 3, ISSN: 1858-4853

Kadir, Abdul. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yokyakarta: Andi, 2014.

Arief, M Rudianto. Pemograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi Offset, 2011.

Zainatul Wulandari, Muh Ugiarto, Ummul Hairah. 2017. Sistem Informasi Obat-Obatan Herbal. Prosiding 2nd SAKTI

Jogiyanto. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yokyakarta: Andi Offset, 2005.

Brady, M., & Looman, J. Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.