PERANCANGAN ATURAN PENENTUAN KECOCOKAN TANAMAN UNTUK PERTANIAN LAHAN KERING MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Heliza Rahmania Hatta, Septya Maharani, Zainal Arifin, Malik Annisa, Muhammad Rivani Ibrahim

Abstract


Pemanfaatan sistem penunjang keputusan pada penentuan tanaman untuk pertanian lahan kering diharapkan dapat membantu petani atau pemilik lahan dalam menentukan tanaman mana yang terbaik untuk lahannya. Metode sistem penunjang keputusan yang digunakan adalah metode forward chaining dimana forward chaining adalah metode pencarian atau teknik pelacakan ke depan yang dimulai dengan informasi yang ada dan penggabungan rule atau aturan untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau tujuan. Sehingga dalam penelitian ini dirancang sebuah aturan atau rule forward chaining terhadap fakta atau kriteria tanaman dan lahan yang diteliti agar dapat dijadikan sebagai acuan atau masukan dalam pembuatan aplikasinya. Diharapkan dari aturan ini dapat dihasil sebuah sistem yang terkomputerisasi yang dapat menentukan tanaman untuk pertanian lahan kering.

Keywords


aturan, forward chaining, tanaman, lahan kering

Full Text:

PDF

References


Agus, F., Sholeh, R., Hatta, H.R. and Munawwarah, T., 2014. Fuzzy Analytical Hierarchy Process for Land Suitability Compared to Analytical Hierarchy Process. Proceeding, Volume. 2014 Oct 1.

David. (2014). Penerapan Forward Chaining pada Sistem Pakar Diagnosa Hama Dan Penyakit Tanaman Jagung. Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Manajemen Infomatika Dan Komputer Pontianak.

Hatta, H.R., 2017. Pemilihan Lahan Terbaik untuk Tanaman Kelapa Sawit menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Prosiding SENIATI, 3(1), pp.14-1.

Meiidelfi, D., & Hartati, S. (2013). Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Kelompok Untuk Pemilihan Tanaman Pertanian Lahan Kering. Program Studi S2 Ilmu Komputer, FMIPA UGM Yogyakarta.

Rahayu, A., Utami, S. R., & Rayes, M. L. (2014). Karakteristik Dan Klasifikasi Tanah Pada Lahan Kering Dan Lahan Yang Disawahkan Di Kecamatan Perak Kupaten Jombang. Jurusan Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya.

Rohman, M.G., 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tanaman Pangan menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Teknika Vol. 8 No. 2 September 2016. Pp 819-825. ISSN No. 2085-0859.

Sholeh, R., Agus, F., Hatta, H.R. and Munawwarah, T., 2014, November. Analytical hierarchy process for land suitability analysis. In Information Technology, Computer and Electrical Engineering (ICITACEE), 2014 1st International Conference on (pp. 129-132). IEEE.

Wahyu Halifathur Rachman, Joan Angelina Widians, Masnawati. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Bibit Cabai Rawit Menggunakankan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Web. Prosiding 2nd SAKTI.

Ferri Febrianto, Fahrul Agus, Awang Harsa Kridalaksana. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sepeda Menggunakan Metode Multifactor Evaluation Process. Prosiding 1st SAKTI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.