IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY PADA PERMAINAN BATU-KERTAS-GUNTING DENGAN METODE N-GRAM BERBASIS MOBILE ANDROID

Suwandy Suwandy, Zainal Arifin, Dedy Cahyadi

Abstract


Teknologi Augmented Reality merupakan sebuah teknologi visualisasi objek yang menggabungkan objek
dunia virtual ke dalam tampilan dunia secara realtime. Implementasi teknologi Augmented Reality pada video
games bertujuan memberikan pengalaman berbeda kepada pengguna karena tampilan yang lebih interaktif.
Vuforia SDK dan Unity3D sebagai aplikasi pendukung untuk mengembangkan aplikasi Augmented reality
dengan dukungan ke berbagai perangkat mobile salah satunya berbasis android. N-Gram adalah metode yang
digunakan untuk memprediksi elemen berurutan yang selanjutnya akan muncul. Teknik N-Gram pada games ini
ditujukan sebagai action prediction, probabilitas karakter yang akan muncul kemudian berdasarkan urutan
karakter yang sebelumnya telah dipilih. Pada penelitian ini telah dibangun aplikasi permainan Batu-Kertas-
Gunting dengan prediksi NPC menggunakan metode N-Gram sebagai implementasi pemanfaatan teknologi
Augmented Reality berbasis mobile Android.


Keywords


Augmented Reality; Android; N-Gram; Batu-Kertas-Gunting;

Full Text:

PDF

References


S. S. Putra, “Implementasi Metode N-Gram Untuk Memprediksi Arah Pukulan Bola Pada Game Tenis Meja,” Universitas Komputer Indonesia, 2014.

M. R. Hanafi, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi Geometra, Media Pembelajaran Geometri Mata Pelajaran Matematika Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language); Jurnal INFORMATIKA M ulawarman, Pebruari 2011, Vol. 6, No. 1, pg. 1-14 ISSN: 1858-4853

J. V. Ii, “Implementing N-Grams for Player Prediction, Procedural Generation, and Stylized AI,” pp. 567–580, 2015.

W. Barfield, Fundamentals of Wearable Computers and Augmented Reality, 2nd ed. London: CRC PRESS, 2016.

Vuforia, “VuMark | Vuforia Library.” [Online]. Available: https://library.vuforia.com/articles/Training/Vu Mark. [Accessed: 25-Jan-2017].

M. Fernando, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality Menggunakan Vuforia SDK dan Unity. SOLO: BUKU AR ONLINE, 2013.

Imam Tahyudin, Dhanar Intan Surya Saputra, Haviluddin. 2015. An Interactive Mobile Augmented Reality for Tourism Objects at Purbalingga District. TELKOMNIKA Indonesian Journal of Electrical Engineering. ISSN: 2302-4046, Vol. 16, No. 3, December 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi (SAKTI) Address:
( p-ISSN: 2541-366X | e-ISSN: 2540-7902 )

Organized by: Faculty of Computer Science And Information Technology -  Mulawarman University
Published by: Faculty Of Computer Science and Information Technology (CSIT) 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
Telp : (+62541) 753133 
E-mail: sakti.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI
Contact Person: Hario Jati Setyadi. (081235436766)


Creative Commons License
SAKTI by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.