SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN POLA OLAHRAGA BERDASARKAN HASIL YANG INGIN DICAPAI MENGGUNAKAN FUZZY DATABASE MODEL TAHANI

M. Arif Riyanto, Muh. Ugiarto, Islamiyah Islamiyah

Abstract


Pada saat ini, perkembangan di dunia kesehatan telah berkembang secara cepat sehingga mendorong para ahli untuk merancang sebuah teknologi yang dapat mengambil keputusan didalam bidang kesehatan. Kesehatan merupakan hal sangat mahal dan sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Untuk mendapatkan tubuh yang sehat tentunya di butuhkan olahraga yang teratur. Olahraga dilakukan juga harus dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketidaktahuan akan porsi olahraga yang dibutuhkan oleh tubuh manusia ini yang menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Penelitian ini menggunakan metode studi literature dalam pengumpulan data serta fuzzy database model tahani. Pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall. Pemodelan analisis dan desain menggunakan bahasa pemograman PHP dan database server MySQL. Metode pengujian menggunakan pengujian white box.  Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem pendukung keputusan pola olahraga berbasis website yang dapat memudahkan pengguna dalam menentukan pola olahraga yang cocok dilakukan sesuai data kriteria yaitu umur, berat badan dan tinggi badan.


Full Text:

PDF

References


. Bunafit Nugroho. 2004. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL, Yogyakarta: Gava Media,.

. Dadan Sutisna, (2007), 7 Langkah Mudah Menjadi Webmaster, Mediakita, Jakarta Selatan.

. Daniels, Stephen R. et al, 1997.The Utility of BodyMassIndexas aMeasure of Body Fatness in Children and Adolescents: Differences by Race and Gender.PEDIATRICS Vol. 99 No. 6 June 1997.

. Frans Susilo SJ. 2003. Himpunan dan Logika Kabur Serta Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Giriwijoyo, H.Y.S.S., H.Muchtamadji M.Ali. 1997. Makalah: Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Sekolah, Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, IKIP Bandung.

. Jogiyanto, HM. 2001. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

. Haviluddin. 2009. Memahami Penggunaan Diagram Arus Data. Jurnal INFORMATIKA Mulawarman 4 (3/2009).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)