PENERAPAN METODE WEIGHTED PRODUCT UNTUK MENENTUKAN PENERIMA BANTUAN BERAS MASYARAKAT MISKIN (RASKIN)

Septiyana Firdyana, Dedy Cahyadi, Indah Fitri Astuti

Abstract


Kemiskinan adalah salah satu masalah mendasar yang menjadi fokus pemerintah di negara manapun. Salah satu program pemerintah yang digunakan untuk mengurangi kemiskinan adalah Raskin/beras untuk orang miskin yang diselenggarakan oleh Bulog. Namun dalam menentukan penerima bantuan raskin masih menggunakan cara manual, yaitu menggunakan perkiraan saja. Agar tidak terjadi kecurangan dan bantuan tepat sasaran, perlu dibuat sebuah sistem untuk menentukan siapa yang layak untuk menerima bantuan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sebuah sistem pendukung keputusan untuk menentukan penerima raskin di Kelurahan Air Putih. Subjek penelitian ini adalah penentuan penerimaan beras miskin dengan menerapkan metode Weighted Product (WP). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, literatur review, dan wawancara. Tahap pengembangan sistem meliputi perencanaan, analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Sistem pendukung keputusan ini dibuat dengan menggunakan database MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode Weighted Product untuk menentukan penerima bantuan raskin di Kelurahan Air Putih. Penelitian yang dilakukan dengan mencari bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses peringkat yang akan menentukan alternatif optimal, calon penerima raskin. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, sistem yang diciptakan untuk memberikan hasil yang baik sesuai dengan perhitungan yang digunakan, membantu mempercepat pemilihan penerima Raskin, dan sistem juga dapat mengurangi kesalahan dalam menentukan penerima Raskin.


Full Text:

PDF

References


. Bulog. (2012). Sekilas Raskin. Diambil kembali dari

http://www.bulog.co.id/sekilas_raskin.php

. Firmansyah. (2016, Desember). Tentang Raskin dan Kriterianya. (S. Firdyana, Pewawancara)

. Kusumadewi. (2006). Fuzzy Multi-AtributeDecition Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

. Litha Astriana A, A. A. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Jamkesmas Menggunakan Metode Weighted Product. Jurnal Teknik Informatika.

. Merdiko, G. S. (2014). Decision Support System Of Culinary Recommendations Using AHP and TOPSIS Method with Map Visualization. Bisstcch II 2014.

. Silitonga, C. (2014). Penyaluran Raskin Tidak Tepat Sasaran. Diambil kembali dari sinarharapan.co: http://sinarharapan.co/news/read/140820202/penyaluran-raskin-tidak-tepat-sasaran-span-span-span-span

. Turban, E. &. (2005). Decision Support System and Inteligent Systems. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

. Hamdani, Haviluddin, MS Abdillah. 2011. Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Notebook Menggunakan Logika Fuzzy Tahani. Jurnal Informatika Mulawarman 6 (3), 98-104.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)



Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi (SAKTI) Address:
( p-ISSN: 2541-366X | e-ISSN: 2540-7902 )

Organized by: Faculty of Computer Science And Information Technology -  Mulawarman University
Published by: Faculty Of Computer Science and Information Technology (CSIT) 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
Telp : (+62541) 753133 
E-mail: sakti.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI
Contact Person: Hario Jati Setyadi. (081235436766)


Creative Commons License
SAKTI by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.