SISTEM E-LEARNING MATA KULIAH PADA AKADEMI KEBIADAN MUTIARA MAHAKAM

Ahmad Nasrudin B, Haeruddin Haeruddin, Edy Budiman

Abstract


E-learning merupakan pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik untuk menyampaikan isi materi yang diajarkan. Didalam proses belajar-mengajar melalui e-learning dilakukan dengan menggunakan berbagai fasilitas teknologi informasi, teknologi jaringan seperti local area network dan wide area network, serta teknologi telekomunikasi dengan tujuan antara lain meningkatkan partisipasi aktif dari mahasiswa, meningkatkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran. Pada kasus ini Sistem Informasi Akademik yang telah ada memudahkan dalam pembangunan Sistem E-learning ini dengan mengacu pada mata kuliah yang diselenggarakan serta peserta yang terdiri dari dosen dan mahasiswa terverifikasi. Penelitian ini Menggunakan metode studi literature dalam pengumpulan data. Pengembangan sistemnya Menggunakan metode waterfall. Pemodelan analisis dan desain menggunakan pemodelan terstruktur dan dikembangkan dengan bahasa pemograman PHP, dan database MySQL. Metode pengujian menggunakan pengujian black box. Hasil Penelitian ini adalah sistem e-learning yang terdiri dari menu Kelas, Tanya Jawab, dan Kuis Online. Data peserta dan mata kuliah tidak perlu diinputkan lagi oleh admin, cukup mengacu dari data-data SIA. Masing-masing peserta yang terdaftar pada semester dan tahun ajaran dapat langsung melakukan login dan mengakses menu-menu yang ada sesuai kebutuhan dan kepentingan masing-masing.


Full Text:

PDF

References


. Afifuddin. (2007). Penggunaan Metode E-learning Dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Pada Mata Pelajaran TIK Tingkat SMP. Skripsi UPI Bandung: Tidak Diterbitkan.

. Andri Kristanto. (2008). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Gava Media, Yogyakarta.

. Anhar. (2010). Panduan Menguasai PHP & MySQL Secara Otodidak. Mediakita, Jakarta

. Effendi, E, Zhuang, H, 2005, e-learning, Konsep dan Aplikasi, Andi Offset, Yogyakarta

. Fathansyah, 1999, Basis Data, Informatika, Bandung

. Kosasi, Sandy. 2015. Perancangan E-learning untuk meningkatkan Motivasi belajar Guru dan Siswa. Pontianak

. Lyna. 2010. Sistem Ujian Online Berbasis Web di SMA PGRI 19.

. Nuriyanti, Desinta Dwi. 2013. Pembelajaran e-learning berbasis moodle sebagai media pembelajaran sistem gerak di SMA. Semarang.

. Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi (Buku I). Yogyakarta: Andi

. Ristek. 2009. Sains & Teknologi Berbagai Ide untuk Menjawab Tantangan dan Kebutuhan. Jakarta. Penerbit PT Gramedia. p: 309-10

. Rizky, Soetam.2011. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Prestasi Pustaka

. Simarmata, Janner. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi

. Susanti, Kusumawati Heri. 2013. Perancangan Aplikasi E-learning berbasis web pada SMPN 1 Jentis Bantul. Yogyakarta

. Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

. Wijiyanto, Agus. 2011. Microlab e-learning berbasis web pada Sekolah Tinggi Informastika dan Ilmu Komputer Amikom Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)