PENGEMBANGAN APLIKASI GAME SHOOT'EM UP STAR ASSAULT DENGAN GAME MAKER STUDIO

Adhitama Prasetya, Muh. Ugiarto, Novianti Puspitasari

Abstract


Video Game memiliki bermacam-macam genre, seperti RPG, Strategi, Fighting, Beat'em Up, Puzzle, dan Shoot'em Up. Genre Game Shoot'em Up masih tetap bertahan seiring zaman, tetapi jarang para gamedeveloper, baik Indie maupun oleh perusahaan besar mengembangkan game ber-genre Shoot'em Up yang begitu populer pada pertengahan 80-an hingga akhir 90-an. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan game Shoot'em Up Star Assault menggunakan Game Maker Studio yang dapat menarik minat bari para pemain yang memainkannya. Metode yang dipakai adalah dengan melakukan pengamatan dan studi pustaka dengan memainkan permainan sejenis seperti Xevious, 1942, dan Flying Shark. Kemudian pengujian dilakukan terhadap game yang telah dibuat dengan memilih para test subject yang ingin mencoba permainan tersebut dan kemudian mengisi angket yeng disediakan. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa game ini telah memenuhi tujuan penelitian yaitu untuk membuat game Shoot'em Up "Star Assault" yang menantang dan menarik bagi pemainnya, dan dapat dimainkan sebagai genre alternatif para gamer yang sudah bosan dengan MMORPG.


Full Text:

PDF

References


. Bielby, Matt. 1990. "The Complete YS Guide to Shoot 'Em Ups". Your Sinclair, Juli 1990.

. Booch, Grady. 1999. The Unified Modeling Language User Guide 2nd Edition. Boston, Addison Wesley.

. Chauduri, Anil Bikas. 2005. The Art of Programming Through Flowcharts & Algorithms. New Delhi: Laxmi Public-ations.

. Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal INFORMATIKA Mulawarman 6 (1), 1-14

. Neumann, John & Oskar Morgenstern. 1944. Theory of Games and Economic Behaviour. Princeton: Princeton Univer-sity Press.

. Nugroho, Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta: Andi Offset.

. Object Management Group, 2015. Unified Modeling Language 2.5. http://www.omg.org/cgi-bin/doc?formal/15-03-01.pdf, 29 November 2016.

. Pressman, Roger. 2010. Software Engineer-ing: A Practitioner's Approach. New York City: McGraw-Hill Education.

. Wolf, Mark. 2007. The Video Game Explosion. Westport: Greenwood Press.

. --------------. 2012. Encyclopedia of Video Games. Westport: Greenwood Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)