SISTEM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BASIS DATA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

M. Zulmico Ramadan, Muh. Ugiarto, Bambang Cahyono

Abstract


Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang amat penting dalam proses belajar mengajar yang dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada mahasiswa yang berupa alat atau visualisasi berupa gambar serta video, selain itu media pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hasil belajar dan berkomunikasi dengan mahasiswa agar lebih efektif. Media pembelajaran ini dibangun dengan menggunakan metode sekuensial linier/waterfall dan menggunakan software adobe flash sebagai medianya. Media pembelajaran yang terdapat didalamnya seperti materi, evaluasi. Evaluasi dapat digunakan sebagai acuan terhadap tingkat kepahaman mahasiswa terhadap materi. Salah satu fungsi media pembelajaran ini di dalam proses belajar mengajar adalah sebagai alat bantu mengajar dosen terhadap mahasiswa. Oleh karna itu penggunaan media pembelajaran saat proses belajar mengajar sangat diperlukan.


Full Text:

PDF

References


. Pressman, Roger S., 2012. Rekayasa Perangkat Lunak jilid I. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Munadi, Yudhi, 2008. ”Media pembelajaran: Sebuah pendapatan baru”. Ciputat: Gaung Persada.

. Widi Hardiyanto, Eko Setyadi Kurniawan, Nurhidayati. 2011-2012. Pemanfaatan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash 8 Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadyah Purworejo. Jawa Tengah.

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

. Haviluddin. 2009. Memahami Penggunaan Diagram Arus Data. Jurnal INFORMATIKA Mulawarman 4 (3/2009).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)