Sistem Penentuan Jalur Terpendek Untuk Pengiriman Hasil Percetakan Menggunakan Metode Floyd-Warshall

Tunggal Widodo, Muhamad Azhari, Dedy Cahyadi

Abstract


Perkembangan teknologi kini telah menjadikan semua bidang kehidupan menjadi lebih mudah, salahnya satunya adalah kemudahan untuk memperoleh informasi geografis. Penggunaan dari informasi geografis ini sendiri bisa beragam sesuai kebutuhannya, misalnya untuk pembelajaran peta digital, sistem navigasi, observasi daerah dan wilayah, dan masih banyak lagi. Dengan dukungan infrastruktur yang memadai, hampir tidak ada lagi orang yang akan tersesat menuju ke suatu tempat tujuan meskipun ke tempat-tempat asing atau yang belum pernah didatangi sebelumnya. Karena itulah kini banyak lembaga-lembaga dan badan usaha yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen maupun untuk mengefisienkan proses produksi yang dilakukan dan sebagainya. Berbicara tentang efisien, di dalam sistem navigasi terdapat banyak elemen terkait efisiensi, dan salah satunya adalah efisiensi dari segi jarak. Untuk itulah dibutuhkan algoritma penentuan jarak terpendek yang dalam penelitian ini digunakan Algoritma Floyd-Warshal.


Keywords


Computer Science; Information Systems

Full Text:

PDF

References


Sirenden, Bernadus Herdi, and E. L. Dachi, Buat Sendiri Aplikasi Petamu Menggunakan Codeigniter dan Google Maps API. Yogyakarta: Andi, 2013.

I. Iftadi, W. A. Jauhari, and B. Nugroho, “Perancangan Peta Evakuasi Menggunakan Algoritma Floyd- Warshall untuk Penentuan Lintasan Terpendek,” Performa, vol. 10, no. 2, pp. 95–104, 2011.

R. Aprian and D. Novandi, “Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshall dalam Penentuan Lintasan Terpendek ( Single Pair Shortest Path ),” pp. 1–5, 2007.

Z. A. Vattai, “FLOYD-warshall in Scheduling Open Networks,” Procedia Eng., vol. 164, pp. 106–114, 2016.

T. S. Darmawan, “Comparison of Dijkstra dan Floyd-Warshall Algorithm to Determine the Best Route of Train,” IJID (International J. Informatics Dev., vol. 7, no. 2, pp. 8–13, 2018.

Christophoros Mouratidis, G Majchrowska, D Zissopoulos, and N. Asimopoulos, “Modified Floyd-Warshall Algorithm for Risk Arbitrage Concepts of Arbitrage Retail Traders : Risk Arbitrage,” LATEST TRENDS Syst., vol. I, no. Volume I.

R. Ghaniy and R. Darmawan, “Analisa dan Penerapan Algoritma Floyd Warshal Untuk Optimalisasi Jalur Berbasis GPS.,” J. Bersama STIKOM Binaniaga, vol. 8, no. 2, pp. 67–68, 2019.

K. Syahputri, R. M. S, I. R, M. M. T, and Josua, “Determination of trash hauling routes using floyd warshall algorithm in medan barat district Determination of trash hauling routes using floyd warshall algorithm in medan barat district,” J. Phys. Conf. Ser., 2019.

R. Risald, A. E. Mirino, and S. Suyoto, “Best Routes Selection Using Dijkstra And Floyd-Warshall Algorithm,” Conf. 2017 11th Int. Conf. Inf. Commun. Technol. Syst., no. October, 2017.

D. Kulkarni, N. Sharma, P. Shinde, and V. Varma, “Parallelization of Shortest Path Finder on GPU: Floyd-Warshall,” Int. J. Comput. Appl., no. 5–8, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.