SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT KULIT PADA KUCING PERSIA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Rezza Ramadhan, Indah Fitri Astuti, Dedy Cahyadi

Abstract


Manusia pada dasarnya memiliki tingkat kejenuhan atau stres yang tinggi. 17,4 juta di orang dunia mengalami stres dan depresi. Salah satu cara mengatasi jenuh dan stres adalah memelihara hewan peliharaan. Hewan yang paling sering dijadikan hewan peliharaan adalah kucing Persia. Kucing Persia merupakan hewan karnivora atau pemakan daging namun terkadang kucing juga makan makanan lain contohnya kerupuk dan roti, selain banyak yang menyukai kucing Persia dan tak sedikit pula manusia yang membenci kucing Persia karena kucing Persia diangap memiliki penyakit yang  berbahaya, oleh karena itu kucing harus selalu diperiksa kesehatannya. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi sistem pakar untuk diagnosa penyakit kucing Persia. Aplikasi ini mendiagnosa penyakit dengan forward chaining dan menghitung nilai kemungkinan dengan Certainty Factor. Metode ini untuk membuktikan apakah suatu fakta itu pasti atau tidak pasti yang berbentuk metric yang biasanya digunakan dalam sistem pakar. Metode ini sangat cocok untuk sistem pakar yang mendiagnosis sesuatu yang belum pasti. Faktor kepastian menyatakan kepercayaan dalam sebuah kejadian atau fakta dalam hipotesa berdasarkan bukti atau penilaian pakar. Hasil penelitian berupa aplikasi sistem pakar yang dapat mendiagnosa penyakit kucing Persia dengan 99% akurat dan dapat membantu dalam mengatasi masalah penyakit kucing Persia.

Full Text:

PDF

References


. Amirullah, N. 2012. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Akasia (Acacia Mangium) Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Bandung.

. Anhar. (2010). Panduan menguasai PHP & Mysql. Jakarta: Media kita.

. Arhami, M. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar, Yogyakarta: Andi.

. Aziz, F. 1994. Belajar sendiri Pemrograman Sistem Pakar, Jakarta: Elex Media Komputindo.

. Fowler, M. 2004. UML. Distilled.Edisi ke-3. Terjemahan Tim Penerjemah Penerbit Andi. Yogyakarta: Andi.

. Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal INFORMATIKA Mulawarman 6 (1), 1-14

. Irwanto. 2005. Perancangan Object Oriented Software dengan UML. Yogyakarta: Andi.

. Kadir, A. 2002. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

. Kusrini, 2008. Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi

. Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelegence. Yogyakarta: Andi

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)