SISTEM INFORMASI PEMETAAN SISWA BERPRESTASI DI BIDANG OLAHRAGA KECAMATAN SAMARINDA SEBERANG

Muhammad Solikhul Ihsan, Nataniel Dengen, Ummul Hairah

Abstract


Salah satu sistem dari supra sistem pembangunan nasional adalah pendidikan nasional yang memiliki tiga subsistem sebagaimana yang di cantumkan dalam Undang-undang Sisdiknas tahun 2003 yaitu pendidikan formal, pendidikan nonformal, dan pendidikan informal. Pendidikan nonformal yaitu olahraga. Prestasi di bidang olahraga adalah salah satu penunjang dalam tumbuh kembang di tingkat provinsi dan nasional. Untuk itu penulis bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sebuah sistem informasi pemetaan siswa berprestasi di bidang olahraga yang di harapkan dapat memberikan informasi kepada instansi yang membutuhkan data siswa berprestasi. Dalam metode penelitian penulis menggunakan metode waterfall yang dimana setiap fase penelitian dikerjakan berurutan dan satu persatu hingga selesai sebelum berlanjut ke fase selanjutnya. Berdasarkan perancangan yang di buat maka dihasilkan Sistem Informasi Pemetaan Siswa Sekolah Berprestasi di Bidang Olahraga Kecamatan Samarinda Seberang yang terdiri dari peta wilayah, data sekolah, dan data siswa berprestasi. Manfaat sistem ini untuk membuat sistem informasi guna mempermudah saat pihak terkait ingin melihat wilayah Kecamatan Samarinda Seberang, informasi mengenai data sekolah, dan siswa berprestasi terutama di bidang olahraga. 


Full Text:

PDF

References


. Ariyanto, D.P. 2012. Sistem Informasi Sumber Daya Lahan: Pengantar Aplikasi Arcview 3.3. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

. Brady, M.,& Loonam, J., 2010. Exploring the use of entity-relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Bradford: Emerald Group Publishing.

. Laila, Nur. 2011. Sistem Infomasi Pengolahan Data Inventory Pada Toko Buku Studi CV. Aneka Ilmu Semarang. Jurnal Teknik Elektro Vol. 3 No.1

. Haviluddin. 2004. Mendesain Halaman Website Yang Baik. Buletin Jendela Informatika 4 (6/2004)

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5

. Haviluddin. 2009. Memahami Penggunaan Diagram Arus Data. Jurnal INFORMATIKA Mulawarman 4 (3/2009).

. Jogiyanto. 2001. Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.

. Sutabri, Tata. 2004. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)



Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi (SAKTI) Address:
( p-ISSN: 2541-366X | e-ISSN: 2540-7902 )

Organized by: Faculty of Computer Science And Information Technology -  Mulawarman University
Published by: Faculty Of Computer Science and Information Technology (CSIT) 
Jl. Panajam Kampus Gunung Kelua Samarinda 75123 - Kalimantan Timur - Indonesia
Telp : (+62541) 753133 
E-mail: sakti.unmul@gmail.com
OJS: http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI
Contact Person: Hario Jati Setyadi. (081235436766)


Creative Commons License
SAKTI by http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/SAKTI/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.