SISTEM INFORMASI BIMBINGAN TUGAS AKHIR PADA FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS MULAWARMAN

Azriana Sari, Muh. Ugiarto, Masna Wati

Abstract


Sistem Informasi Bimbingan Tugas Akhir pada Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi merupakan sistem informasi yang digunakan untuk memfasilitasi mahasiswa dalam melakukan bimbingan dengan dosen pembimbing di FKTI Unmul. Mahasiswa dan dosen tidak perlu untuk melakukan tatap muka setiap kali melakukan bimbingan sehingga permasalahan yang dihadapi dalam pengerjaan tugas akhir tersebut dapat diselesaikan dengan lebih cepat. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan studi literature dalam pengumpulan data. Pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall. Pemodelan analisis dan desain menggunakan bahasa pemograman PHP dan database server MySQL. Metode pengujian menggunakan pengujian white box. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi berbasis website yang dapat memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melakukan bimbingan tugas akhir sehingga dalam pengerjaan tugas akhir tersebut dapat lebih efektif dan efisien. 


Full Text:

PDF

References


. Kadir, A., 2006. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

. Asmani, J. M., 2010. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogyakarta: Diva Press.

. Prayitno, & Amti, E., 2004. Dasar-daras Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

. Tim Penyusun Pedoman Penyusunan Proposal dan Laporan Skripsi FTIKOM Unmul., 2014. Pedoman Penyusunan Proposal dan Laporan Skripsi FTIKOM Unmul Edisi 1. Samarinda: FTIKOM Unmul.

. S, Rosa. A., & M. Shalahuddin., 2015. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

. Utami, E., & Hartanto, A. D., 2012. Sistem Basis Data menggunakan Microsoft SQL Server 2005. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Puspita Aritias Anggaeni, Drs. Bambang Sujatmiko, M.T., 2013. Sistem Informasi Tugas Akhir Berbasis Web (Studi Kasus D3 Manajemen Informatika TE FT UNESA). Jurnal Manajemen Informatika, 02 (2), 37-45.

. Irfan Fauzi, ST., Daniel Swanjaya, S.Kom., 2013. Sistem Informasi Pembimbingan Skripsi menggunakan UML (Unified Modelling Language). Nusantara of Engginering (NoE), 1 (2), 50-56.

. Haviluddin. 2011. Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language). Jurnal INFORMATIKA Mulawarman 6 (1), 1-14

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)