SISTEM INFORMASI OBAT-OBATAN HERBAL

Zainatul Wulandari, Muh. Ugiarto, Ummul Hairah

Abstract


Sistem Informasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai obat-obatan herbal yang berguna untuk membantu menyembuhkan penyakit yang diderita. Sistem informasi ini tidak berisikan informasi mengenai obat-obatan kimia, melainkan hanya berisikan tentang tanaman obat herbal, zat yang terkandung dalam tanaman tersebut, khasiat dan cara pengolahan tanaman tersebut agar dapat digunakan menjadi tanaman obat herbal. Herbal merupakan campuran bahan alami ang berbentuk racikan/ ramuan dalam formulasinya tanpa menggunakan bahan kimia sintetik. Dalam jenisnya obat herbal terbagi menjadi 3 jenis, yaitu : jamu, obat herbal terstandar dan fitofarmaka dan masing-masing mempunyai logo yang spesifik. Obat herbal cukup berpotensi menjadi obat dalam penanganan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan studi literatur dalam pengumpulan data. Pengembangan sistemnya menggunakan metode waterfall. Pemodelan analisis dan desain menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database server MySQL. Metode pengujian menggunakan pengujian blackbox dan analisis hasil dengan pengujian beta. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem data obat herbal berbasis website yang dapat memudahkan masyarakat dalam pencarian informasi obat herbal dan dapat disimpulkan bahwa sistem dapat di akses oleh user/pengguna.


Full Text:

PDF

References


. Abdul Kadir.2009.Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

. Agus Mulyanto.2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. Kendall, K.E. dan Julie E. Kendall. 2003. Analisis dan Perancangan Sistem. Edisi Terjemahan. PT Intan Sejati: Klaten.

. Pressman, Roger S. (2001). “Software Engineering A Practitioner’s Approach.” Edisi kelima. New York, Amerika: McGraw-Hill.

. Prabowo.1996. Memahami Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Andi offset.

. Sampurna. 1996. World Wide Web. Jakarta: Andi.

. Seftiani, R. 2016. “Sistem Infomasi Manajemen Data Lansia Pada Puskesmas Teluk Lerong Dalam Kecamatan Tenggarong Seberang “. Skripsi. Fakultas Ilmu Komunikasi dan Tekonologi Infomasi, Universitas Mulwarman.

. Tata Sutabri.2012. Analisis Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

. Haviluddin. 2009. Memahami Penggunaan Diagram Arus Data. Jurnal INFORMATIKA Mulawarman 4 (3/2009).

. Haviluddin, Agus Tri Haryono, Dwi Rahmawati. 2016. Aplikasi Program PHP dan MySQL. Mulawarman University Press. ISBN: 978-602-6834-22-5


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)