SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI DAN PENGGAJIAN SEDERHANA PADA BENGKEL “SUMBER JAYA MOTOR” MUARA BADAK

Denny Ramdhani, Haeruddin Haeruddin, Bambang Cahyono

Abstract


Salah satu bengkel besar di kecamatan Muara Badak, yaitu Bengkel Sumber Jaya Motor masih menggunakan sistem administrasi yang manual, yaitu dengan tulisan tangan. Begitu pula dengan sistem penghitungan gaji mekanik-mekaniknya yang bekerja disana. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang dan menerapkan sistem administrasi dan penggajian pada Bengkel Sumber Jaya Motor yang masih manual menjadi sistem yang terkomputerisasi yang diharapkan dapat memudahkan pemilik bengkel dan berpengaruh terhadap kinerja transaksi di Bengkel Sumber Jaya Motor. Sistem ini dibuat dengan menggunakan metode waterfall dengan bahasa pemrograman PHP dan HTML. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem informasi untuk memudahkan dalam mengolah administrasi berupa transaksi barang/jasa atau keduanya, serta penghitungan gaji mekanik-mekaniknya, sehingga pemilik bengkel dapat lebih mudah dan efisien dalam menjalankan usaha bengkelnya.


Full Text:

PDF

References


. Andre. 2014. “Tutorial Belajar PHP Part 1: Pengertian dan Fungsi PHP dalam Pemrograman Web”. http://www.duniailkom.com/pengertian-dan-fungsi-php-dalam-pemograman-web. [25-01-2016]

. Bentley, LD. dan Jeffrey L Whitten. 2007. “System Analysis and Design for the Global Enterprise Seventh Edition”. New York: Mcgraw-Hill.

. Farizki, Muhammad, Gita Kirana Sari dan Yuki Framana Ginting. 2014. “Pengembangan Sistem Layanan Secara Virtual Dengan Teknologi Websocket. Skripsi”. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

. Jogiyanto. 2001. “Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”. Yogyakarta: Andi.

. Rifa’i, Saefulloh. 2013. “Pengertian dan Sejarah MYSQL”. https://upyes.wordpress.com/2013/02/06/pengertian-dan-sejarah-mysql. [25-01-2016]

. Sutabri, Tata. 2004. “Analisa Sistem Informasi “. Yogyakarta: Andi.

. Utami, Ema dan Hartanto, Anggit Dwi. 2012. “Sistem Basis Data Menggunakan Microsoft SQL Server 2005” . Yogyakarta: Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (SAKTI)