Penerapan Markerless Augmented Reality Untuk Pengenalan Alfabetik Beserta Objek Pada Anak Berbasis Android

Muhammad Fadli, Indah Fitri Astuti, Ramadiani Ramadiani

Abstract


Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang mampu menggabungkan objek maya dalam dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata secara realtime. Salah satu implementasi AR di dalam bidang media informasi yaitu penerapan AR dalam mengenalkan alfabetik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Augmented Reality pengenalan alfabetik beserta objek dengan smartphone. Aplikasi yang di bangun menggunakan software unity 3D dan library Vuforia SDK. Cara kerja aplikasi ini, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke objek penanda Markerless, kemudian secara otomatis menampilkan informasi berupa gambar dan teks dalam bentuk alfabetik yang menjadi objek dalam penelitian ini yaitu, apel, bola, catur, dasi, helikopter, lampu, mobil, pensil, sepeda, dan vas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aplikasi berjalan sesuai dengan perencanaan, maka Augmented Reality dengan metode markerless dapat diterapkan untuk pengenalan alfabetik beserta objek berbasis android.


Keywords


Augmented Reality, Media informasi, Alfabetik, Android, Unity 3D, Vuforia SDK.

Full Text:

PDF

References


Rahman U., "Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini," Lentera Pendidik vol. 12, no. 1, pp. 46-57, 2009.

Lenurra F. dan Pratiwi D., "Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Promosi Apartemen Dengan Metode Markerless Ferry," no. October, pp. 77-83, 2017.

Pardede A. G., "Pembangunan Aplikasi Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Bagi Anak Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android," Skripsi, 2014

Haryani P., dan Triyonno J., "Augmented Reality (AR) Sebagai Teknologi Interaktif," vol. 8, no. 2, pp. 807-812, 2017.

Saputro R. E. dan Saputra D. I. S., "Pengembangan Media Pembelajaran Mengenai Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality, "J. Buana Inform., vol. 6, no. 2, pp. 153-162, 2015.

Vitono H., Nasution H., dan Anra H., "Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Musium Berbasis Android," J.Sist dan Teknol. inf., vol. 2, no. 4, pp. 239-245, 2016.

Hakim L., "Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality," J.Lentera Pendidik. Univ. Nurul Jadid, Vol. 20, No. 1, p.60, 2018.

Apriyani E. M., Huda M., dan Prasetiyaningsih S., "Analisis Penggunaan Marker Tracking Pada Augmented Reality Huruf Hijaiyah," Infotel, vol. 8, no. 1, pp. 71-77, 2016.

Hakim L., "Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis Augmented Reality," J.Lentera Pendidik. Univ. Nurul Jadid, Vol. 20, No. 1, p.60, 2018.

Astuti I. F. dan Kridalaksana A. H., "Game Android 'BOMBAR' Dengan Teknologi Augmented Reality Input Video Mencari Pola Identifikasi Marker," no. 1, pp. 1-9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.